Selangkangan Anda Gatal Bukan Main? Ini Penyebab dan Solusinya – Palu Ekspres
Kesehatan

Selangkangan Anda Gatal Bukan Main? Ini Penyebab dan Solusinya

PALU EKSPRES, JAKARTA – Rasa gatal yang kerap terjadi di area buah zakar bukanlah sesuatu yang bisa disepelekan. Ya, kondisi yang Anda rasakan ini biasanya disebabkan oleh kondisi bernama tinea curis.

“Rasa gatal di area ini, atau tinea curis, disebabkan oleh infeksi kulit yang disebabkan oleh beberapa jenis fungi,” kata dokter kulit Evan Riedler dari NYU Langone Dermatology Associates.

Kondisi ini, kata Riedler, lebih sering terjadi pada pria, yang dipicu oleh gesekan dan tingkat kelembaban organ vital ini.

Ross C. Radusky, MD, dermatolog SoHo Skin & Laser Dermatology juga berpendapat bahwa penggunaan celana ketat juga dapat memperparah kondisi ini.

SOLUSI

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berhenti menggaruknya dan mulailah merawatnya. Selalu pastikan tidak ada keringat yang terperangkap di area ini, kondisi yang sangat disukai oleh tinea untuk berkembang biak.

Jika dibiarkan, tidak hanya gatal-gatal yang Anda rasakan, kulit pecah dan bau tak sedap pun tak terhindarkan.

Radusky menyarankan penggunaan bedak powder zinc oksida untuk membantu turunkan kelembaban. Jika powder tidak cukup, tambahkan olesan krim clotrimazole 1% atau Tolnaftate 1%. Jika berminggu-minggu setelah penggunaan tidak menunjukan hasil, solusi terbaik Anda adalah dengan mengunjungi dokter kulit.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!