Satgas K5 Ujuna Bergerak Swadaya – Palu Ekspres
Palu

Satgas K5 Ujuna Bergerak Swadaya

Afandi Yotolemba. (foto: HAMDI ANWAR/PE)

PALU,PE-Meski belum memiliki petunjuk teknis (Juknis), Satuan tugas (Satgas) program kebersihan,keindahan,ketertiban, kemanan dan kenyamanan (K5) Kelurahan Ujuna Kecamatan Palu Barat Kota Palu sudah mulai menjalankan sebagian fungsinya.

Satgas K5 canangan Walikota Palu ini terdiri dari 8 elemen, yakni pejabat lurah,Babinsa, Bhabin,Pol PP,tokoh masyarakat, agama, pemuda dan tokoh adat. Mereka dipersiapkan sebagi unsur penggerak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam rangka K5 dimasing-masing kelurahan.

Lurah Ujuna, Afandi Yotolembah menyebut, Satgas K5 di wilayahnya setiap Sabtu akhir pekan melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan bersama mesyarakat. Sejauh ini menurutnya Satgas masih bergerak secara swadaya tanpa anggaran.

“Karena memang anggaran untuk untuk operasional Satgas ini masih dalam pembahasan ditingkat kecamatan,”sebut Afandi, Jumat 3 Februari 2017.

Selain menggerakkan warga untuk kerjabakti setiap Sabtu, Satgas juga kini mulai menggalakkan ronda malam bersama melalui pos keamanan lingkungan. Untuk kegiatan ronda malam, di wilayah Kelurahan Ujuna kini berdiri tiga pos kamling.

Masing-masing pos kamling induk yang berada di sekitar kantor lurah dan dua lainnya berada terpisah di dua rukun warga (RW).

Kelurahan Ujuna menurutnya terbagi menjadi  7 wilayah setingkat RW dan 20 setingkat rukun tetangga (RT). Karena mengingat anggaran Satgas belum tersedia, pos kamling itu baru berdiri di tiga tempat terpisah.

“Target kami ketika program ini nanti sudah mulai aktif berjalan, maka minimal setiap RW itu didirikan pos ronda,”ujarnya.

Untuk fungsi lain Satgas lanjut Afandi, seperti upaya mewujudkan keindahan, ketertiban dan kenyamanan kemungkinan besar baru bisa berjalan efektif ketika Juknis mengenai Satgas tersebut rampung disusun.

“Saat ini Juknis masih sedang disusun bersama dengan pihak dinas sosial. Kemungkinan dalam waktu dekat itu terealisasi bersamaan dengan anggaran operasionalnya,”pungkas Afandi.(mdi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top