Sambut SIMPATIQ, MA DDI Kerjasama Griya Quran – Palu Ekspres
Pendidikan

Sambut SIMPATIQ, MA DDI Kerjasama Griya Quran

Muh. Sarib. Foto Dok PE

PALU EKSPRES, PALU – Untuk menyambut program Siswa Madrasah Pecinta Tilawatil Quran (SIMPATIQ), yang dicanangkan oleh Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Madrasah Aliyah (MA) DDI Palu, menggandeng Lembaga Griya Quran Indonesia, dalam melaksanakan pembinaan dan pembelajaran Alquran, kepada para siswa dan guru di MA DDI Palu.

Kepala MA DDI Palu, Muh. Sarib menyebutkan, sebagai penanda kerjasama tersebut, pihaknya bersama dengan Griya Quran Indonesia, telah meneken Memorandum of Understanding (MoU), pada bulan April 2017 lalu.

“Intinya, dalam kerjasama ini, kita melakukan pembinaan peserta didik terkait pembelajaran Alquran. Kita akan menggunakan metode pengajaran dari Griya Quran Indonesia, tujuannya adalah kita sama-sama membentuk generasi Qurani yang unggul dalam mutu, serta berakhlak mulia,” jelas Muh. Sarib, di ruang kerjanya, Senin 8 Mei 2017.

Sarib menekankan, pembelajaran Alquran menjadi salah satu program unggulan di madrasahnya. Ia menyebutkan, melalui program tersebut nantinya, ditargetkan para siswa MA DDI Palu, minimal telah menghafal Juz 30 Alquran (Juz Amma), pada saat mereka tamat.

“Ini akan jadi nilai unggulan kita, dalam bidang ilmu Alquran kepada para siswa.,” imbuh Sarib, yang menggratiskan biaya pendaftaran serta biaya komite bagi siswa baru MA DDI Palu, pada tahun ajaran 2017/2018 mendatang.

Direktur Griya Quran Indonesia, Arifuddin M. Arief menambahkan, pihaknya bersama dengan MA DDI Palu, nantinya akan menerapkan program kerjasama tersebut, pada tahun ajaran baru mendatang (2017/2018).

Ia menerangkan, program yang berfokus pada tilawah (membaca) dan tahfidz (mengafal) Quran tersebut, akan didorong pada kegiatan ekstrakurikuler, serta di beberapa waktu lainnya.

“Kami dari Griya Quran, juga ingin mengambil peran dalam program SIMPATIQ. Untuk kerjasama dengan MA DDI Palu, nantinya akan didorong pada kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, juga akan ada pembiasaan membaca Quran, pada waktu Dhuha dan sebelum Dzuhur. Selain tilawah dan tahfidz, nantinya juga akan ada kajian-kajian yang membahas hal-hal terkait Alquran,” jelas Arifuddin.

Sebagai langkah awal, Arifuddin menambahkan, pihaknya akan membina para guru terlebih dahulu, terkait dengan metode pengajaran Alquran, yang nantinya akan turut diterapkan kepada seluruh siswa.
Ke depan, lanjutnya lagi, akan digelar berbagai iven, sebagai evaluasi terhadap hasil-hasil pembelajaran Alquran tersebut.

“Nanti juga akan ada iven-iven, sebagai bahan evaluasi kemajuan-kemajuan program kita bersama ini. Intinya, dalam hal ini, Griya Quran memberikan pembinaan dari sisi konsep serta tenaga,” pungkas Arifuddin.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top