Saham Terbesar Bank Danamon Beralih Kepemilikan – Palu Ekspres
Ekonomi

Saham Terbesar Bank Danamon Beralih Kepemilikan

PALU EKSPRES, JAKARTARTA – Sebagian besar saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) akan beralih kepemilikan.

Itu seiring dengan kesepakatan perjanjian jual beli saham bersyarat The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG) dengan Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd (AFI) dan entitas-entitas terafiliasi lainnya.

Entitas bank komersial milik Mitsubishi UFJ Financial Group Inc itu berencana mengakuisisi kepemilikan saham AFI di PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

AFI merupakan anak usaha milik Fullerton Financial Holdings Pte Ltd.

Saat ini, AFI dan para entitas terafiliasi lainnya memiliki 73,8 persen saham Bank Danamon.

Transaksi pengambilalihan saham tersebut akan membuat MUFG menjadi pemegang saham terbesar di Bank Danamon.

Transaksi itu akan dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, MUFG akan membeli 19,9 persen saham Danamon dengan harga Rp 8.323 (USD 0,61) per unit dengan jumlah investasi sebesar Rp 15,875 triliun (USD 1,171 miliar).

Dalam beberapa hari kerja, AFI akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas Danamon saat penyelesaian tahap I.

Tahap II, MUFG berencana mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan berdasar peraturan perundang-undangan beserta persetujuan terkait lain untuk membeli tambahan 20,1 persen saham.

Hal itu dibutuhkan untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di Danamon menjadi 40 persen. Tahap II akan diselesaikan antara kuartal II-III 2018.

Setelah tahap II tuntas, target MUFG adalah mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikan di Danamon di atas 40 persen.

Pemegang saham Danamon lainnya akan diberi kesempatan untuk menjadi pemegang saham atau mendapatkan uang tunai dari MUFG.

Dengan diselesaikannya tahap III, kepemilikan final MUFG di Danamon diharapkan melebihi 73,8 persen.

”Danamon merupakan suatu institusi yang dihormati di sektor perbankan lokal, dikenal dengan tim manajemennya yang berpengalaman dan kompeten,” kata CEO MUFG Asia & Oceania Takayoshi Futae, Selasa (26/12).

Menurut dia, platform bisnis Danamon cukup sehat sehingga dapat memberikan tambahan yang strategis bagi grup MUFG saat memperkuat posisi di wilayah regional.

Direktur Fullerton Financial Holdings Tow Heng Tan menambahkan, MUFG merupakan mitra yang tepat untuk Danamon dalam memulai fase pertumbuhan.

”Sejak 2003, kami menjadi pemegang saham di Danamon dan akan terus bersifat suportif kepadanya. Kami tetap berada di Danamon sebagai pemegang saham dan berharap dapat bekerja sama dekat dengan MUFG pada waktu itu,” ujarnya.

(rin/c11/fal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!