Safari Ramadhan Dirlantas, Membongkar Ketidaklaziman – Palu Ekspres
Agama

Safari Ramadhan Dirlantas, Membongkar Ketidaklaziman

SAFARI RAMADHAN- Dirlantas Polda Sulteng AKBP Imam Setiawan memberikan 'pencerahan' kepada jamaah taraweh masjid Annur Kelurahan Baiyah Kecamatan Palu Utara Kota Palu, beberapa hari lalu. foto ABIDIN/PE

PALU EKSPRES, PALU – Fenomena Tim Safari Ramadhan dari suatu instansi pemerintah daerah mendatangi masjid, itu hal lazim setiap datangnya Bulan Ramadhan. Namun, jika Tim Safari Ramadhan yang terdiri dari personil polisi lalulintas yang dipimpin oleh Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng mendatangi suatu masjid, itu hal langka.

Setidaknya begitu komentar beberapa warga ketika menyaksikan Tim Safari Ramadhan dari jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng menggelar buka puasa bersama dilanjutkan salat isya dan taraweh di Masjid Annur Kelurahan Baiyah Kecamatan Palu Utara, Kota Palu.

Tim Safari Ramadhan yang dipimpin oleh Dirlantas Polda Sulteng AKBP Imam Setiawan tersebut, tiba di lokasi sekitar 30 menit sebelum memasuki waktu buka puasa. Kedatangan rombongan Tim Safari Ramadhan yang dihadiri sejumlah perwira menengah Dirlantas Polda Sulteng itu, membuat jamaah masjid Annur terkesima.

Jamaah pada umumnya belum memperoleh informasi mengenai rencanan kedatangan Tim Safari Ramadhan Dirlantas Polda Sulteng kecuali di kalangan pengurus Masjid Annur. Bahkan, Lurah Baiyah, Arifuddin Tahawala mengaku belum diberitahu oleh pengurus  masjid Annur sehingga  kaget ketika menyaksikan rombongan Tim Safari Ramadhan tiba di lokasi.
“Untung kami salat di masjid ini (Annur) sehingga bisa menyambut kedatangan pak Dirlantas (Imam Setiawan) beserta jajarannya,” ujar Lurah Baiyah.

Saat menunggu tiba waktu buka puasa, anggota Dirlantas Polda Sulteng yang masih menggunakan baju uniformnya, terlihat membaur dengan warga. Bahkan, warga tak terlihat canggung duduk bersama dengan Dirlantas Polda Sulteng AKBP Imam Setiawan, menghadapi satu nampang yang berisi beberapa kue untuk buka puasa yang telah disediakan oleh warga sekitar.

Untuk mengantisipasi membludaknya jamaah buka puasa, pihak Dirlantas Polda Sulteng juga telah menyiapkan sebelumnya takjil untuk buka puasa bersama warga di Masjid Annur tersebut.

Selepas acara buka puasa bersama dilanjutkan salat Isya dan taraweh. Sebelum ceramah Taraweh yang diisi oleh Ustadz Ujang Ansyari, imam Masjid Alhijrah Dirlantas Polda Sulteng, Dirlantas Polda Sulteng AKBP Imam Setiawan berkesampatan memberikan ‘pencerahan’ kepada jamaah Masjid Annur Keluarahan Baiyah.

Saat itu, perwira polisi yang merupakan alumni Pesantren IMMIM Tamalanrea KM 10 Makassar itu, mengutip beberapa ayat Alquran dan hadist Rasulullah mengenai pentingnya memanfaatkan waktu.

“Sebelum ajal menjemput kita, pergunakan sebaik-baiknya waktu kita dengan beribadah, jangan nanti di hari kemudian baru menyesal dan meminta kepada Allah SWT untuk dikembalikan ke dunia,” ujarnya sembari menukilkan satu ayat dari Alquran.

Bendahara  Masjid Annur, Langgata dalam sambutan selamat datangnya, mengakui baru kali ini ada kunjungan dari pihak Polda Sulteng ke Masjid Annur. Untuk itu, dia meminta agar kedatangan Tim Safari Ramadhan Dirlantas Polda Sulteng, bukan hanya kali ini saja tetapi bisa berlanjut untuk masa mendatang.

“Semoga bukan kali ini saja bapak-bapak Polisi datang ke masjid kami,” pintanya.

(fit/Palu Ekspres)    

Click to comment

BERITA POPULER

To Top