Rp 90 Miliar Untuk Pemantapan By Pass Palu Parigi – Palu Ekspres
Ekonomi

Rp 90 Miliar Untuk Pemantapan By Pass Palu Parigi

PALU EKSPRES, PALU – Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Muhidin Said memastikan tahun ini pemerintah melalui Kementerian terkait mengucurkan dana Rp90 miliar untuk mendukung pembangunan jalan bebas hambatan (by Pass) Palu-Parigi.

Poros jalan  By Pass Palu-Parigi sesuai rencana, nantinya akan menjadi jalur alternatif dari poros jalan Toboli-Palu. Jalur ini menghubungkan Parigi-Palu dari Desa Parigimpu menuju Palu. Dalan perencanaan, jalur itu hanya sepanjang kurang lebih 30kilometer.

Muhidin menyebut, dukungan dana tersebut rencananya  digunakan untuk pemantapan lahan jalan yang akan menghubungkan Kota Palu dan Kabupaten Parigi. “Sebenarnya sudah mantap. Tapi kita ingin itu betul-betul sampai mantap. Masih ada yang perlu dibenahi,”ungkap Muhidin belum lama ini kepada Palu Ekspres.

Menurutnya, sokongan anggaran itu merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam rangka membenahi infrastruktur yang di Sulteng pada khususnya.  “Supaya itu betul-betul tuntas,”sebutnya.

Selain jalan by Pass Palu Parigi, Muhidin juga memastikan keberlanjutan anggaran sejumlah program pemerintah di wilayah Sulteng. Program itu antara lain,pembangunan jalan, jembatan, normalisasi sungai dan air bersih serta program bantuan anggaran perbaikan rumah bagi keluarga miskin.

“Perbaikan rumah itu tiap tahun ada untuk seluruh kabupaten-kota di Sulteng. Hanya saja anggarannya terbatas,” jelasnya.

Sokongan anggaran juga ia pastikan tahun ini kembali dilanjutkan untuk perluasan lahan run way Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu. Pembebasan lahan serta penambahan areal lahan parkir.

“Ada pula peningkatan bandara Kabuaten Banggai serta penyelesaian bandara di Kabupaten Morowali,”terangnya. Muhidin menambahkan, penganggaran peningkatan infrastruktur di Sulteng, umumnya untuk membiayai program-program tahun sebelumnya.

“Karena memang program anggarannya itu multi years contract,”pungkas Muhidin.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top