Roadmap Wilayah Perbatasan Tolitoli Diseminarkan – Palu Ekspres
Daerah

Roadmap Wilayah Perbatasan Tolitoli Diseminarkan

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan Fauziah Tasman S. Sos M.Si menyampaikan sambutannya pada seminar awal Roadmap Rencana Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara Indonesia di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di salah satu hotel di Tolitoli, Rabu(18/4/2018). Foto: Humas Pemkab Tolitoli

PALU EKSPRES, TOLITOLI – Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan seminar awal Roadmap Rencana Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara Indonesia di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di salah satu hotel di Tolitoli, Rabu (18/4).

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan Fauziah Tasman S. Sos M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan penyusunan Roadmap ini adalah terwujudnya pengembangan kawasan sosial-ekonomi perbatasan dan menjadi beranda terdepan negara.

Selain itu, termanfaatkannya sumber daya, khususnya sumberdaya ekonomi di kawasan perbatasan agar dapat menarik minat masyarakat lokal dan luar untuk membangun kawasan perbatasan.

“Dan yang terpenting, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan daya saing kawasan perbatasan dengan negara tetangga, meningkatkan ketahanan masyarakat perbatasan dibidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan wilayah NKRI,” paparnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. H. Mukaddis Syamsuddin M. Si saat membuka seminar tersebut mengatakan, Kabupaten Tolitoli adalah salah satu wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki 3 pulau terluar yakni, Lingayan, Dolangan dan Salando.

Tiga wilayah ini berbatasan langsung dengan Malaysia dan Filipina yang lautnya sangat bersih, hamparan sangat luas sehingga perlu dikelola dengan baik untuk maritim.

“Ini perlu SDM kemaritiman harus berkualitas dengan memanfaatkan bonus demografi, mendorong generasi muda untuk memiliki keterampilan yang handal berstandar internasional,” ujarnya.

Saat ini katanya, adalah abad tidak ada batas negara. Jika segenap komponen bangsa ini tidak bisa mengisi SDM yang dibutuhkan, maka orang lain akan masuk. “Jadi sebelum orang lain masuk, mari kita mempersiapkan SDM maritim yang ada,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala-kepala OPD, beberapa Dosen dan Peneliti.

(humas pemkab Tolitoli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!