Rizal Intjenae: Pilkada Kuras Dana Pembangunan – Palu Ekspres
Daerah

Rizal Intjenae: Pilkada Kuras Dana Pembangunan

Anggaran Minim,  Jalan Lingkar Nokilalaki Berharap dibangun 2016

SIGI, PE – Ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Sigi Rizal Intjenae meminta masyarakat Kabupaten Sigi untuk bersabar atas anggaran yang minim di tahun 2014 ini. Minimnya anggaran ini akibat tingginya pembiayaan dana Pilkada dan cukup mempengaruhi proses pembangunan di daerah itu.
“Kami minta bersabar, sejumlah usulan dari SKPD ini akan kami pangkas karena anggaran yang minim. Mungkin kucuran dana akan diprioritaskan pada daerah yang sangat membutuhkan, ” kata Rizal Intjenae saat melakukan kunjungan kerja (kunker) bersama Komisi III DPRD Sigi dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sigi Iskandar Nontji, Selasa 18 Agustus.
Apa yang disampaikan politisi Golkar ini terkait dengan keinginan masyarakat Kecamatan Nokilalaki yang ingin jalan lingkarnya segera diperbaiki. Rizal mengaku bahwa pembangunan jalan lingkar tersebut sudah diusulkan oleh dinas PU Sigi, namun ia belum memastikan apakah usulan tersebut dapat direalisasi atau tidak.
“Yang jelas untuk tahun ini kami memprioritaskan wilayah yang membutuhkan. Tapi InsyaAllah usulan tersebut akan kami perjuangkan pada pembahasan tahun 2016, ” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas PU Sigi Iskandar Nontji mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan perbaikan jalan lingkar alternatif yang menghubungkan Wilayah Tongoa dan Kamarora, yang berjumlah  Rp 8,8 miliar. Ia mengaku tidak dapat memaksakan usulan tersebut untuk direalisasi karena minimnya anggaran.
“Dari Pemerintah pusat anggaran yang kami usulkan Rp 430 miliar, namun yang terealisasi hanya Rp100 miliar. Sehingga rencana kerja kami akhirnya tidak sesuai yang diharapkan, namun kami berharap jalan lingkar ini akan mulai dibangun di tahun 2016, ” jelasnya.
Kunjungan kerja DPRD Sigi ini memperlihatkan adanya banyak kebutuhan  yang diharapkan oleh masyarakat setempat. Selain perbaikan jalan dan saluran irigasi, pembangunan jembatan penghubung antar desa pun juga sangat diperlukan untuk mobiliasi hasil pertanian.
“Kami lima desa di Kecamatan Nokilalaki sepakat agar jalan lingkar ini segera dibangun lebih dahulu. Biarlah irigasi dan jembatan nanti saja dibangun, ini keinginan kami pak, ” kata Camat Nokilalaki H Yunus Kasim. (mg02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!