Rekor Deflasi di Momen Ramadhan – Palu Ekspres
Ekonomi

Rekor Deflasi di Momen Ramadhan

PALU EKSPRES, PALU – Sejak awal Juni 2017, diprediksi angka inflasi di Kota Palu akan melonjak tajam karena menghadapi momen Ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah. Prediksi tersebut juga mengacu pada momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya, di mana inflasi sudah menjadi momok tersendiri bagi pemerintah.

BPS Sulteng pun merilis, angka inflasi pada momen Ramadhan dan Idul fitri pada 2015 yang terjadi pada Bulan Juli, terjadi lonjakan yang sangat tinggi dari bulan sebelumnya, yakni dari 0,21 persen menjadi 1,53 persen.

Begitupula pada tahun 2016, juga terjadi lonjakan yang sangat besar, yakni pada bulan Juni 2016 sebesar 0,25 persen menjadi 0,64 persen pada Bulan Juli 2017.

Kepala BPS Sulteng Faisal Anwar, baru-baru ini mengatakan, melonjaknya angka inflasi di dua tahun tersebut karena tekanan harga kebutuhan pokok yang relatif mahal.

Penyebabnya, biasanya karena keberadaan barang di pasaran yang relatif kurang dibanding kebutuhan masyarakat, sehingga harga kebutuhan pokok ikut melambung.

Berbeda pada tahun 2017 ini, momen Ramadhan dan Idul Fitri yang jatuh pada Bulan Juni, pergerakan inflasi bisa ditekan serendah mungkin. Malah menurut Faisal Anwar, terjadi penurunan angka inflasi dibanding bulan sebelumnya (Juni 2017), yakni dari 0,81 persen pada Mei turun menjadi 0,76 persen pada Juni 2017.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!