Rawan, 60 Ribu Warga Parimo Belum Rekam e-KTP – Palu Ekspres
Daerah

Rawan, 60 Ribu Warga Parimo Belum Rekam e-KTP

PALU EKSPRES, PARIGI – Kurang lebih enam puluh ribu jiwa warga di Kabupaten Parigi Moutong belum melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP).

Sekaitan dengan hal itu, Pengawas Pemilu (Panwaslu) Divisi Pencegahan dan hubungan antarlembaga Kabupaten Parigi Moutong, Mohamad Rizal saat ditemui media ini, Kamis (5/10) di Parigi, mengatakan, dengan adanya sebuah kelemahan seperti yang terjadi saat ini di Dukcapil, kurang lebih enam puluh ribu jiwa warga Parigi Moutong belum melakukan perekaman e-KTP.

Pihak Panwas katanya, selalu menyarankan kepada pihak terkait, yakni Dinas Dukcapil Parimo untuk melakukan hal- hal yang lebih mengantisipasi pada hak institusi warga Parigi Moutong, guna melahirkan pemimpin yang bermartabat dan berkualitas.

“Olehnya terkait hal itu tentunya kita harus melihat bahwa kelemahan kelemahan dari Dinas Dukcapil itu dari sisi mana, kalau memang terkendala di tenaga tekhnis tentunya pihak Dukcapil harus mencarikan solusi,” kata Mohamad Rizal.

Ia menilai, kemungkinan di Dinas tersebut masih kekurangan alat- alat pendukung, seperti alat perekam. Tentunya hal itu bisa diusulkan kepada Pemerintah Daerah untuk memaksimalkan data- data penduduk tersebut.

Karena menurutnya, ada hal yang terpenting pada dinas terkait jika tidak melakukan optimalisasi terhadap data kependudukan ini, yang akan berpengaruh pada hasil antusias atau presentase masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Ini nantinya akan menjadi unsur- unsur sengketa Pemilu, makanya kami dari pihak Panwas melakukan pengawalan menjelang Pemilu nantinya untuk mencegah terjadinya hal -hal yang kita tidak inginkan bersama,” tegasnya.

Ia menambahkan, Panwaslu Parigi Moutong mengupayakan untuk selalu mengingatkan kepada pihak penyelenggara tekhnis, yakni KPU untuk selalu intens berkomunikasi dan berkoodinasi yang berkaitan dengan data -data kependudukan.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top