Ratusan Warga Palu Tak Bisa Registrasi Kartu Prabayar – Palu Ekspres
Palu

Ratusan Warga Palu Tak Bisa Registrasi Kartu Prabayar

PALU EKSPRES, PALU – Ratusan pelanggan kartu prabayar seluler di Kota Palu gagal registrasi. Pasalnya terjadi beberapa kendala teknis berkaitan dokumen kependudukan pelanggan. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dukcapil) Palu, Burhan Toampo menjelaskan, kendala ini telah dikoordinasikan pihak Grapari Telkomsel Palu.

Menurutnya, hal itu terjadi lantaran umumnya data kependudukan pelanggan tidak terbaca pada sistem Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komando). “Jumlahnya lumayan banyak. Mungkin ratusan yang datang ke kantor untuk perbaikan data itu,”ungkap Burhan, Rabu 7 Maret 2018.

Itu jelas Burhan kepada Palu Ekspres terjadi karena banyak di antara pelanggan yang memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) belum sesuai NIK dalam KTP elektronik (e-KTP). NIK yang terlayani sistem kata dia adalah NIK sesuai hasil MoU Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementrian Kominfo untuk kepentingan registrasi kartu tersebut.

“Mereka input NIK berdasarkan KTP lama. Sementara yang dibaca sistem adalah NIK pada e KTP. NIP lama belum terintegrasi ke sistem Kominfo,”sebutnya. Selain itu gagal registrasi menurutnya juga terjadi lantaran adanya perubahan domisili pelanggan. Misalnya kata dia pelanggan yang masih ber KTP luar Palu namun saat register memasukkan alamat Palu.

“Ini jelas tidak terbaca sistem. Harusnya pelanggan bersangkutan mengubah dulu dokumen kependudukan sesuai alamat sekarang,”ujarnya. Adapula tambah Burhan pelanggan yang sudah memiliki e KTP namun belum melapor untuk pengaktifan NIK. Termasuk adanya data ganda kependudukan

“Kalau datanya masih ganda, itu tidak akan dilayani. Makanya pelanggan harus melapor dulu ke Capil untuk memilih domisilinya dimana,”jelasnya lagi. Bagi pelanggan dengan NIK lama lanjut Burhan, bisa segera dilaporkan ke Dinas Dukcapil setempat. Agar secepatnya dilakukan penyesuaian data dan dikoneksikan pada sistem data kependudukan di Kemendagri.

“Kami akan layani secepatnya asal jika ada kendala soal registrasi itu segera melapor ke Dinas,”terangnya. Demikian halnya pelanggan yang pindah domisili. Burhan mengimbau agar secepatnya melapor untuk perubahan data kependudukan di kantor Dinas Dukcapil.
“Ini ada bagusnya juga. Supaya mereka yang belum melapor dengan sendirinya datang untuk perbaikan datanya,”demikian Burhan.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!