Ratusan Warga Ampana Antusias Ikut Talk Show Kesehatan – Palu Ekspres
Daerah

Ratusan Warga Ampana Antusias Ikut Talk Show Kesehatan

Keterangan Foto : Pose Bersama Asisten III Setdakab Touna, Ir. Munawar Mapu, M.Si, Kadis Kesehatan, Javanet Alfary, Senior Manejer PT. Bahtera Nusantara Mandiri, Suratno, Narasumber Dr. Andika Akasi, Kabag Humas Protokol Setdakab Touna dan Pejabat Lingkup Pemkab Touna, Kamis (7/12).

PALU EKPRES, AMPANA – Ratusan warga Ampana terlihat antusias mengikuti kegiatan talk show kesehatan yang digelar Kenko No Kai (komunitas kesehatan) PT. Bahtera Nusantara Mandiri.

Kegiatan tersebut dibuka Asisten III Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Tojo Unauna Ir. Munawar Mapu, M.Si di Gedung Beringin Jalan Moh. Hatta Kota Ampana, Kamis (7/12).

Acara talk show kesehatan yang membahas persoalan Diabetes Melitus dan Stroke sebagai Penyebab Kecacatan di Indonesia menghadirkan narasumber dr Andika Akase dari Sekertaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang juga merupakan dokter Puskesmas Ampana Barat.

Para peserta yang umumnya berusia lanjut itu diberikan edukasi seputar masalah kesehatan yang umumnya dialami masyarakat saat ini.

Kegiatan talk show kesehatan turut dihadiri Senior Manager PT. Bahtera Nusantara Mandiri, Suratno, Kapolres Tojo Unauna, Kepala Dinas Kesehatan bersama Sekertaris Dinas Kesehatan, Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Tojo Unauna, Camat Ampana Kota dan Ratolindo.

Sementara prserta yang hadir tak kurang dari 350orang yang umumnys dari Kabupaten Tojo Unauna.

Dalam sambutannya pada pembukaan Talk Show kesehatan, Asisten III Setda Tojo Unauna, Ir. Munawar Mapu, M.Si mengatakan, selaku pemerintah Kabupaten mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. Bahtera Mandiri Nusantara atas terlaksana Talk Show.

“Dengan adanya peran serta pihak swasta yakni PT. Bahtera Nusantara Mandiri dalam memajukan kesehatan masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Tojo Unauna. Karena permasalahan kesehatan masyarakat merupakan bagian upaya bersama dan saling bersinergi antara pemerintah swasta dan masyarakat dalam mendukung program pembangunan nasional dibidang kesehatan,” kata Munawar.

Dia mengatakan, demi kelancaran pembangunan di bidang kesehatan sangat dibutuhkan dukungan dan partisipasi baik dari pemerintah swasta dan masyarakat.

Olehnya bidang pendidikan dan kesehatan harus terus ditingkatkan dan disebar luaskan demi tercapainya program pembangunan kesehatan nasional.

“Bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi merupakan tiga hal yang sangat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia. Sebab sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas merupakan modal utama atau iventasi didalam pembangunan nasional,” jelasnya.

Dia berharap kegiatan tersebut akan memberikan warna dan pengetahuan terhadap kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Tojo Unauna.

“Untuk mewujudkan hal itu diperlukan kebersamaan semua pemangku kepentingan, komitmen yang kuat, kepemimpinan yang konsisten serta partisipasi aktif masyarakat baik ditingkat daerah dan nasional,” harapnya.

Sementara iti, dr Andika Akase memaparkan bahwa penyakit degeneratif yang umumnya dialami oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah, stroke, hipertensi (tekanan darah tinggi), jantung koroner, hiperglikernia (diabetes melitus), kanker, obesitas (kelebihan berat badan), osteoathritis (nyeri sendi) dan lain-lain.

“Secara definisi, stroke adalah serangan otak secara mendadak akibat gangguan peredaran darah yang membuat jaringan otak mengalami kerusakan, dan biasanya stroke menyisakan kecacatan fisik kepada penderitanya, untuk pencegahan, kita perlu menjaga pola hidup sehat,” jelasnya.

Dijelaskan bahwa penyebab terjadinya stroke adalah, pola makan yang buruk, kurang olahraga, mengonsumsi alkohol, merokok dan obesitas.

Biasanya gejala stroke adalah tiba-tiba mati rasa atau lemah pada bagian wajah, lengan atau kaki, tiba-tiba kebingungan dan sulit bicara, penglihatan mendadak terganggu, sulit berjalan dan kehilangan keseimbangan serta sakit kepala parah tiba-tiba.

“Cara pencegahan stroke adalah, kurangi konsumsi garam, konsumsi makanan sehat, stop merokok, hidup aktif dan rajin olahraga serta perbanyak konsumsi serat,” terangnya.

Sementara itu Senior Manager PT. Bahtera Nusantara Mandiri, Suratno mengatakan, roadshow Kenko No Kai akan digelar selama empat bulan di Kabupaten Tojo Unauna. Ini dilakukan untuk mengedukasi kepada masyarakat Tojo Unauna dan instansi terkait.

“Cabang Kenko No Kai sudah tersebar di seluruh Indonesia yaitu di Medan, Pekanbaru, Kalimantan, Surabaya, Sulawesi dan kota-kota besar lainnya di Indonesia, kegiatan layanan pemeliharaan kesehatan berbasis pencegahan ini tidak dipungut biaya alias gratis,” ujar Suratno kepada media ini, Kamis (7/12) .

Menurutnya, selain menggelar kegiatan edukasi kesehatan, Kenko No Naki di Kabupaten Tojo Unauna juga melakukan kegiatan donor darah, jalan sehat, penyuluhan narkoba serta pemberian sovenir seperti payung, tas dan lain-lain.

“Hingga kini terlihat dukungan Pemda Tojo Unauna sangat baik pada Kenko No Kai, ke depan Insya Allah akan buka cabang di sini. Kenko No Kai prioritas memberikan pendidikan kesehatan melalui pencerahan supaya masyarakat tetap menjaga kesehatan sebelum sakit, silakan berobat ke manapun, ke dokter atau ke rumah sakit yang terpenting mari kita jaga kesehatan sebelum sakit,” ujarnya.

(mg3/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!