Ratusan Polisi Bakal Mengamankan Kedatangan Obama di Jakarta – Palu Ekspres
Nasional

Ratusan Polisi Bakal Mengamankan Kedatangan Obama di Jakarta

PALU EKSPRES, JAKARTA – Hari ini (30/6) mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan tiba di Jakarta. Dia terbang dari Yogyakarta usai berlibur bersama dua putri dan istrinya.

Menjelang kedatangan Obama, pengamanan Bandara Halim Perdana Kusuma langsung ditingkatkan. Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo mengatakan, ada sekitar 410 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, Polres Metro Jakarta Timur dan Kodim 0505 Jakarta Timur yang disiagakan.

“Kami sudah koordinasi, ada sekitar 410 anggota Polres Jaktim, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya beserta Kodim untuk mengamankan kedatangan Pak Obama di Jakarata,” terangnya, Jumat (30/6).

Menurutnya, personel itu akan disiagakan di ring 3 Bandara Halim Perdana Kusuma. Yaitu di sekitar parkiran hingga ke sisi luar Bandara Halim Perdana Kusuma.

Sementara untuk rute yang akan ditempuh, Andry belum dapat menjelaskannya. Karena menurutnya, rute perjalanan bersifat situasional yang menjadi kewenangan tim keamanan Obama, Protokoler Negara dan Paspampres yang melakukan pengawalan.

Namun, sejauh ini menurutnya, belum ada instruksi untuk melakukan penutupan jalan yang akan dilalui Obama. “Tidak ada (penutupan jalan). Hanya tentatif ketika tamu negara lewat. Sama dengan protap ketika presiden, wakil presiden, ada rute tertentu,” tukas dia.

(elf/JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top