Ratusan Hektare Sawah di Tolai Terendam Banjir – Palu Ekspres
Daerah

Ratusan Hektare Sawah di Tolai Terendam Banjir

BANJIR - Debit air Sungai Tolai sangat tinggi dan berpotensi meluap hingga menggenangi areal persawahaan warga sekitarnya, Selasa (17/10/2017). FOTO : ASWADIN/PE.

PALU EKSPRES, PARIGI – Tingginya curah hujan pada bulan Oktober 2017 ini, mengakibatkan sejumlah sungai di Desa Tolai Kecamatan Torue meluap, sehingga ratusan hektar sawah dan rumah milik warga disekitar lokasi sungai tersebut ikut terendam.

Kades Tolai, I Made Gede Dipayana ditemui media ini di lokasi banjir, Selasa (17/10), mengatakan, ratusan hektare sawah warga Tolai terancam terendam air jika sungai-sungai di Desa Tolai meluap.

Khusus di Desa Tolai saja, luas areal persawahaan adalah kurang lebih 900 hektare. Sementara di Prerenan seluas 300 hektare.

Penyebabnya, kata I Made, karena bendungan yang ada sudah tidak mampu lagi menampung debit air yang masuk, sehingga meluap ke areal persawahaan dan permukiman penduduk.

“Ketika banjir sudah tiba, secara otomatis air yang berada di sawah tidak mampu lagi untuk mengalir karena sungai tidak mampu menampung debit air yang besar,” ujarnya.
Belum lagi air yang masuk ke permukiman warga. Seperti kasus yang terjadi belum lama ini, beberapa rumah warga rusak parah akibat hantaman banjir Sungai Tolai.

Sayangnya kata dia, hingga saat ini belum ada penanganan untuk mengantisipasi hal tersebut kembali berulang. Walau sempat ada perbaikan dari Balai Perairan Provinsi untuk normalisasi sungai yang menggunakan anggaran cukup besar. Namun pekerjaannya tidak sampai ke hulu. Seharusnya, pihak Balai melakukan normalisasi sungai itu dari hulu, bukan dimulai dari hilir seperti yang ada saat ini.

“Sebelumnya, saya sempat menanyakan pekerjaan itu, tetapi mereka mengatakan karena faktor anggaran perbaikan sungai habis maka pekerjaan tidak sampai ke atas, padahal itu sudah terprogramkan dari hulu ke hilir,” sesalnya.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!