Rahasia Tubuh Langsing dan Umur Panjang Wanita Jepang – Palu Ekspres
Kesehatan

Rahasia Tubuh Langsing dan Umur Panjang Wanita Jepang

PALU EKSPRES, JAKARTA – Wanita jepang tidak hanya terkenal akan postur tubuhnya yang langsung serta wajahnya yang awet muda.

Tidak cuma itu, umur rata-rata wanita jepang adalah 84, 5 tahun, sementara umur rata-rata wanita Indonesia, menurut data tahun 2013 adalah sekitar 72,7 tahun, perbandingan yang sangat signifikan bukan?

Apa yang membuat perbedaan itu sangat kentara?

Menurut penulis buku “Japanese Women Don’t Get Old or Fat” Naomi Moriyama, ada rahasia wanita jepang yang membuatnya unik dibandingkan wanita di negara-negara lain.

Menurut dia, orang-orang Jepang gemar mengkonsumsi makanan yang mendukung diet yang sehat. Salah satu rahasianya adalah konsumsi rumput laut, ikan, kacang kedelai, green tea, buah-buahan dan nasi. Makanan-makanan ini, menurut Moriyama, membantu menjaga berat badan dengan cara yang sehat.

Para orang tua jepang, kata Moriyama, juga mengajarkan pada mereka tentang bagaimana menghormati tiap gigitan makanan yang mereka konsumsi dan bagaimana memakannya secara perlahan-lahan. Mereka juga tidak pernah menghidangkan makanan dalam jumlah besar dan menghidangkan menu makanan secara terpisah.

Mereka juga, jelasnya, sangat jarang mengkonsumsi makanan pencuci mulut yang manis-manis, namun ketika mengkonsumsinya, mereka akan memakannya dalam porsi yang kecil. Dan yang sangat penting adalah mereka juga sangat menyadari apa konsekuensi dari mengkonsumsi makanan seperti es krim, coklat dan cookies.

Dalam bukunya, Moriyama juga menuliskan betapa pentingnya berolahraga dalam upaya hidup yang sehat. Karena itulah mengapa orang-orang jepang memiliki budaya seperti berjalan kaki, bersepeda dan juga mendaki gunung.

(ruf/fajar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top