Puluhan Murid SD Pamerkan Lukisan Hasil Program GSMS – Palu Ekspres
Pendidikan

Puluhan Murid SD Pamerkan Lukisan Hasil Program GSMS

PAMERAN – Seniman Sulteng, Endeng Mursalin (kemeja putih) mendampingi Sekretaris Disdikbud Sulteng, Chwarismy Shindy, melihat hasil karya lukisan murid-murid SD Inpres 1 Lolu dan SD Inpres Baru. Foto IMAM/PE

PALU EKSPRES, PALU – Sebanyak 75 murid gabungan dari SD Inpres 1 Lolu dan SD Inpres Baru Kota Palu, memamerkan hasil karya lukisan krayon mereka, di Golni Taman Budaya Sulteng, Selasa 28 November 2017. Pameran tersebut, merupakan bagian dari pementasan kesenian pelajar, hasil dari program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS).

Pelaku seni rupa Sulteng yang menjadi pembina kesenian SD Inpres 1 Lolu, Endeng Mursalin menyebutkan, dengan adanya program GSMS yang memberdayakan para seniman untuk mengajar kesenian di sekolah, potensi-potensi para pelajar dapat dikeluarkan dengan maksimal.

“Potensi anak-anak ini luar biasa, pameran lukisan yang dibuat oleh mereka ini cuma dari 27 kali pertemuan. Mereka dibimbing dari nol, dari awalnya tidak tahu apa-apa, bahkan pegang krayon saja baru pertama kali. Bahkan, para orang tua juga kagum, ternyata anak-anaknya bisa. Inilah kalau ada instruktur yang mau berbagi ilmu, mereka pasti bisa berkembang,” tutur Endeng.

Endeng menerangkan, pameran karya para murid tersebut, merupakan bentuk evaluasi dari pengajaran kesenian yang diterapkannya di sekolah. Menurutnya, kesenian memang harus dievaluasi dalam bentuk karya, bukan dengan ujian kertas.

“Kalau yang ditulis-tulis itu untuk matematika. Kalau kesenian seperti ini, menampilkan karya,” ujarnya.

GSMS merupakan program yang digagas oleh Presiden Joko Widodo, dan diterapkan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, yang bertujuan memberdayakan para seniman daerah, untuk mengajar di sekolah-sekolah, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Program yang dijalankan sejak Oktober 2017 tersebut, menyasar sebanyak 1.320 sekolah se-Indonesia. Provinsi Sulteng sendiri mendapat jatah 40 sekolah pada program ini, termasuk di dalamnya Kota Palu mendapat jatah 12 sekolah.

(abr/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!