Presiden Lantik Longki-Sudarto di Istana Negara – Palu Ekspres
Nasional

Presiden Lantik Longki-Sudarto di Istana Negara

Didahului Kirab, Presiden Pidato 15 Menit

PALU, PE – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kamis, 16 Juni 2016, hari ini, melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Sudarto masa jabatan 2016-2021 di Istana Negara, Jakarta Pusat. Prosesi pelantikan dimulai pukul 09.50 hingga 10.50 Waktu Indonesia Barat.

Sejak pukul 08.30 WIB, Gubernur Longki didampingi Istrinya, Zalzulmida Aladin Djanggola dan Wakil Gubernur Sudarto didampingi istri, Nurmasyita Mang bersama seluruh rombongan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Sulteng serta undangan lainnya, berangkat dari Hotel Grand Sahid, di Jalan Sudirman menuju Wisma Negara, Jakarta Pusat. selanjutnya, pukul 09.00 WIB rombongan tiba di Wisma Negara.

Berselang 15 menit kemudian, Longki-Sudarto bersama rombongan akan berjalan kaki menuju Istana Merdeka. Saat memasuki Istana Merdeka, duet pemimpin daerah hasil Pilkada Sulteng 2015 ini, melewati Jajar Kehormatan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Prosesi ini layaknya ketika Presiden menerima tamu kehormatan yang datang ke Istana Merdeka.

Setibanya di Istana Merdeka pukul 09:20, Longki Djanggola dan Sudarto segera disambut oleh Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, M. Ari Setiawan. Selanjutnya menuju ruang tunggu utama untuk beristirahat sejenak. Di ruang tunggu utama Istana Merdeka, sudah menanti Kepala Sekretariat Presiden, Dr Darmansjah Djumala.

Tepat pukul 09:30, Longki Djanggola dan Sudarto bersama sejumlah pejabat Sekretariat Presiden, menuju beranda depan Istana Merdeka. Selanjutnya, pada pukul 09:35, Longki-Sudarto yang dipandu Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, memasuki ruang kredensial. Di sini, Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden memperkenalkan Longki Djanggola dan Sudarto kepada Presiden Joko Widodo.

Setelah itu, Presiden Joko Widodo menyerahkan petikan Keputusan Presiden (Keppres)  tentang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng  kepada Longki Djanggola dan Sudarto. Sekitar pukul 09:40, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden H. M Jusuf Kalla bersama-sama Longki Djanggola dan Sudarto kembali berjalan kaki menuju Istana Negara.

Istana Merdeka dan Istana Negara adalah dua bangunan yang berada di satu kompleks. Gedung Istana Merdeka menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas) Jalan Medan Merdeka Utara. Sedangkan Istana Negara adalah gedung yang menghadap ke arah sungai Ciliwung (Jalan Veteran).

Pada pukul 09:50, Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla langsung menuju ruang tunggu utama Istana Negara. Sedangkan Longki Djanggola dan Sudarto langsung menuju ruang pelantikan. Tepat pukul 10:00 , acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng dimulai. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, DR Cecep Sutiawan, membacakan Keputusan Peresiden (Keppres)  tentang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng masa jabatan 2016-2021.

Prosesi inti pelantikan pun dilangsungkan. Presiden Joko Widodo sendiri yang memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan Longki Djanggola sebagai Gubernur Sulteng masa jabatan 2016-2021, dan Sudarto sebagai Wakil Gubernur Sulteng masa jabatan 2016-2021. Dilanjutkan dengan penyematan tanda pangkat dan jabatan.
Setelahnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato berdurasi 15 menit. Usai itu,  lagu Kebangsaan Indonesia Raya kembali dikumandangkan.  Pemberian ucapan selamat kemudian didahului oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo. Kemudian pemberian ucapan selamat oleh Wapres Jufuf Kalla yang didamingi Hj Mufidah Jufus Kalla, diikuti tamu undangan lainnya. Usai pemberian ucapan selamat, digelar acara foto bersama dan ramah tamah.

Tepat pukul 11.00 WIB, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo bersama Wapres Jufuf Kalla dan Hj Mufidah Jufus Kalla, meninggalkan tempat acara pelantikan. Begitu pun Longki-Sudarto dan rombongan.
Para tamu undangan yang berada di luar gedung Istana Negara menyaksikan seluruh prosesi pelantikan melalui monitor yang disediakan oleh Sekretariat Negara.  Akhirnya, selamat dan sukses atas Gubernur Longki Djanggola dan Wakil Gubernur Sudarto yang hari ini mulai menghitung hari jabatan pada periode kedua meneruskan pembangunan Sulawesi Tengah lima tahun lagi. ***

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!