Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Poso City Mal, Jadi Melting Point Masyarakat Poso

0

PALU EKSPRES, POSO –  Hadirnya pusat perbelanjaan Poso City Mal di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah membawa efek yang kuat pada geliat kota berjuluk Bumi Sintuvu Maroso ini.

Akhir pekan libur Idul Fitri 17-18 Juni 2018, Poso City Mal dan Hotel Ancyra terlihat ramai hingga sekira pukul 21.30 wita meskipun kota ini diguyur hujan deras sejak sore hari.

Memang titik paling menyala di kota yang berpenduduk 45 ribu berdasarkan data BPS 2016  adalah Poso City Mal. Pusat perbelanjaan ini dibangun pengusaha H Karman Karim. Mal yang diresmikan pada 19 Oktober 2016 ini dikembangkan oleh PT. Welmy Pratama Indah.

Setelah 123 tahun berdirinya kota ini, barulah ada pusat perbelanjaan yang menjadi melting point penduduk dan pendatang di Poso.

Karman Karim, Direktur Utama PT Welmy Pratama Indah ini mengatakan Mal ini bisa menggerakan pula perekonomian petani dan nelayan setempat.

“Produk ikan dan sayur diambil secara langsung dari Poso. Dari para petani dan nelayan setempat,” ujar Karman Karim.

Mall ini berlantai dua dengan luas total 18.000 meter persegi. Seluas 6.500 meter persegi digunakan Hypermart. Penyewa besar terkemuka lainnya adalah CFC (California Fried Chicken), Hammer, Onework, Optik Melawai dan lainnya.

Warga Kota terlihat menikmati benar keberadaan pusat perbelanjaan ini. Penempatan food court di lantai 1 sungguh menjadi daya tarik. Ada yang datang untuk makan dan ada pula yang berbelanja.

“Kita mengembangkan bisnis dengan hati. Bisnis kita berkembang dan masyarakat setempat bisa merasakan kemanfaatannya. Apalagi Poso kini sudah sangat aman,” sebut Karman Karim.

Karena itulah, dua tahun sesudah peresmian mal itu, masih di bawah bendera PT. Welmy Pratama Indah, ia mengembangkan Ancyra Hotel by Continent. Letaknya tepat di kanan Mall.

Ancyra berada di bawah bendera Continent Hotel & Resorts yang berpusat di Turki. Di Indonesia, mereka bekerja sama dengan Excelsior Hotel Group (PT Pasific Excelsior) yang ditunjuk sebagai partner lokal. Hotel ini dibranding sebagai ‘a smart international hotel’.

(aaa / palu Ekspres)

Leave A Reply

Your email address will not be published.