POPDA 2015, Palu Terjunkan 36 Atlet Terbaik – Palu Ekspres
Palu

POPDA 2015, Palu Terjunkan 36 Atlet Terbaik

13 Kali Juara Umum, Optimis Juara Lagi

PALU,PE-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palu menyiapkan 36 atlet berbakat untuk menghadapi ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sulteng ke-14 tahun 2015 di Kabupaten Morowali.
Ajang tersebut akan berlangsung selama lima hari sejak 19 hingga 23 Agustus mendatang.
Ke 36 atlet yang diterjunkan masing-masing untuk cabang olahraga yaitu atletik, renang, voli pasir dan karate.
Kepala Dispora Palu Nur Salam, menyebutkan total peserta dalam kontingen Palu sebanyak 53 orang.
Yang terdiri atas 36 atlet, 8 pelatih 8, 8 oficial/manager dan 1 anggota tim aju.
Rombongan akan diberangkatkan pada 17 Agustus malam.
“Mengenai akomodasi, semuanya ditanggung oleh panitia daerah setempat,” kata Nur Salam, Rabu 12 Agustus 2015 di kantornya.
Nur Salam memastikan atlet yang akan diutus adalah putra-putri pilihan terbaik yang telah melalui training khusus.
“Umumnya para atlet ini adalah atlet terbaik hasil seleksi dari masing-masing sekolah di Kota Palu,” sebutnya.
Dia pun sangat optimis Palu masih menjadi kontingen yang diperhitungkan dalam POPDA kali ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Sejak POPDA pertama hingga POPDA ke-13 tahun lalu, Palu tercatat sebagai yang terbaik. Kedudukannya sebagai peraih juara umum belum dapat dilengserkan oleh kontingen dari daerah lain di Sulteng.
Bahkan dirinya pun yakin, atlet Palu kali ini bisa mempertahankan posisi juara umum. Gelar juara umum itu belum pernah direbut kabupaten lain.
“Kalau berhasil lagi menjadi juara umum, kado ini akan kami persembahkan kepada Pak Walikota Rusdy Mastura sebagai kado terakhir masa jabatannya,”pungkas Nur Salam.
Kepala Seksi Pembinaan Atlet Dispora Palu, Ninong menjelaskan, ada dua mekanisme POPDA yang diberlakukan setiap tahun untuk menuju penjaringan ke tingkat Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (POPNAS).
Keduanya yaitu POPDA non Pekan Olah Raga Pelajar Wilayah (POPDA non POPWIL) dan POPDA POPWIL. POPDA tahun ini yang diselenggarakan di Kabupaten Morowali merupakan POPDA kategori non POPWIL. Non POPWIL diselenggarakan setiap tahun ganjil. Sedangkan POPDAPOPWIL diselenggarakan setiap tahun genap.
Cabang olah raga pada non POPWIL lebih sedikit ketimbang POPDA POPWIL. Cabang olah pada non POPWIL sebanyak empat cabang yaitu atletik, renang, voly pasir dan karate. Sedangkan cabang pada POPDA POPWIL sebanyak enam yakni bulu tangkis, voly pasir,pencak silat, tenis meja, tenis lapangan dan sepak takraw putra.
“Perbedaan lainnya adalah, hasil dari POPDA non POPWIL itu langsung diikutkan padaevent POPNAS. Sedangkan POPDA POPWIL masih harus mengikuti even regional sebelum menuju POPNAS,”jelas Ninong.
Seleksi dari POPDA non POWIL tahun ini di Kabupaten Morowali merupakan penjaringan untuk mewakili Sulteng pada POPNAS tahun 2016 yang akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Barat. (mdi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top