Polres Palu Tingkatkan Kualitas Polmas Bersama JICA – Palu Ekspres
Daerah

Polres Palu Tingkatkan Kualitas Polmas Bersama JICA

 

PALU,PE- Jajaran Polresta Palu mendapat kesempatan untuk mengikuti In House Training yang diselenggarakan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA). JICA adalah sebuah lembaga yang didirikan Jepang untuk membantu pembangunan Negara-negara berkembang.
Kapolresta Palu AKBP Basya Radyananda mengatakan, kegiatan itu diikuti Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) lingkup Polda Sulteng. Kegiatan itu untuk memberikan pelatihan terhadap Bhabinkamtibmas agar lebih dekat dengan masyarakat serta dapat mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat.
“Program ini diwujudkan melalui kegiatan Door to door system dan Problem Solving. Sehingga dengan kegiatan tersebut Polmas di Polres Palu dapat mengaplikasikan kepada masyarakat,sehingga masyarakat dapat merasa terbantu dengan kehadiran Polmas ditengah-tengah mereka,”kata Kapolres.
Kapolres mengatakan, kegiatan ini diharapkan mewujudkan harmonisasi hubungan Polisi dengan masyarakat. Sehingga tujuan untuk menciptakan kondisi di wilayah masyarakat Kota Palu dapat tercapai serta dapat menekan timbulnya konflik ditengah-tengah masyarakat.
Lembaga JICA menurut Kapolres. berada dibawah kekuasaan Departemen Luar Negeri dan didirikan pada Agustus 1974. JICA memulai kerjasamanya dengan POLRI pada 2002 dalam rangka mendukung reformasi polisi.
Pengiriman polisi Jepang ke Indonesia sebagai tenaga ahli dengan tujuan pelatihan melalui proyek ini tidak hanya untuk menghasilkan polisi yang berkualitas, tetapi juga untuk menuai hasil. Dan yang menjadi kunci dari kerjasama ini adalah peluncuran “POLMAS” (Perpolisian Masyarakat) melalui SKEP KAPOLRI No. 737 tahun 2005.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2015 di Pos FKPM Kelurahan Palupi, Pengawu dan Tavanjuka serta Polsek Palu Selatan. Kegiatan ini melibatkan personil kepolisian lingkup Polda Sulteng dan Polresta Palu. Kegiatan tersebut dihadiri seorang perwakilan Tim JICA,Mr. Sasaki.(*/mdi).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!