Polisi BelumTemukan Unsur Kesengajaan dalam Kasus Keracunan SD Al Fahmi – Palu Ekspres
Palu

Polisi BelumTemukan Unsur Kesengajaan dalam Kasus Keracunan SD Al Fahmi

PALU EKSPRES, PALU – Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Palu, Holmes Saragi menyebut pihaknya belum menemukan unsur kesengajaan maupun niat jahat dibalik terjadinya insiden keracunan pangan siswa SDIT Al-Fahmi Palu, Senin 4 Desember 2017 lalu..

“Artinya, sejauah sikap batin, niat jahatnya itu belum ada kita temukan dalam proses penyelidikan,”kata Holmes Saragi,Rabu 6 Desember 2017 di Kantor Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sulteng.

Namun begitu sebut Holmes, pihaknya    tetap akan melanjutkan proses penyelidikan tersebut. Sambil terus berkoordinasi lebih jauh dengan semua pihak terkait. Utamanya BPOM Palu dan laboratorium kesehatan daerah (Labkesda). Ini untuk memastikan hasil uji laboratorium terhadap sampel makanan yang didiuga penyebab keracunan.

“Saat ini kami masih mengedepankan pencegahan jangan sampai meluas. Kemudian bagaimana pertanggungjawaban pemulihan kesehatan murid,”katanya.

Namun menurutnya, jika kemudian memang dibutuhkan upaya penegakan hukum secara represif, maka jelas Holmes pihaknya akan menyadarkan sepenuhnya pada unsur delik.

“Apakah ada unsur kesengajaan atau niat jahat untuk melakukan perbuatan yang dapat dipidana, saya tegaskan ini juga masih dalam proses lidik,”ujarnya.

Atau paling tidak lanjut Holmes, jika kemudian hasil penyelidikan nanti ternyata tidak ditemukan unsur deliknya, maka pihaknya berharap pertanggungjawaban diluar mekanisme hukum.

“Kalau tidak memenuhi unsur hukumnya, ya kita berharap dan mndorong ada pertanggungjawaban diluar hukum. Kalau itu sudah ada, karena pihak sekolah telah menyatakan membiayai semua biaya perawatan siswa,”jelasnya.

Sejauh ini penyidik menurutnya telah mengambil keterangan dari sedikitnya 15 pihak terkait.

(mdi/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!