Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pjs Bupati Parimo Pantau Lomba Desa

0

PALU EKSPRES, PARIGI – Pjs. Bupati Parigi Moutong H.Mohammad Nadir, Msi memantau kegiatan lomba desa di wilayah Utara Parigi Moutong, beberapa hari lalu. Pjs Bupati Parimo saat itu didampingi Ketua TP PKK Hj. Salmah Mohammad Nadir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Tim Penilai.

Pjs Bupati Parigi Moutong Mohammad Nadir dalam sambutannya mengatakan, pemerintah desa merupakan tonggak utama pembangunan daerah dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah. Menurutnya, berdasarkan Undang-undang No. 06 Tahun 2014 tentang Desa, memuat kewenangan yang sangat luas bagi Pemerintah Desa untuk membangun wilayahnya.

Maka dari itu, perlu kesiapan Pemerintah Desa untuk memahami dan melaksanakan amanat undang-undang tersebut agar hasil yang dicapai saat ini tetap dimanfaatkan, dipelihara, dan ditingkatkan secara bertahap dan berkesinambungan. “Yang produktif, maju, aman, tertib dan berdaya saing,” imbuhnya.

Selanjutnya, ujarnya, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi dan Perkembangan Desa/Kelurahan bahwa penilaian perlombaan desa dilakukan berdasarkan pada hasil penilaian dan pemeringkatan untuk mengetahui efektifitas, tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa melalui instrumen alat ukur desa cepat berkembang dan desa berkembang.

Kegiatan lomba desa dan kelurahan ini tambahnya, juga merupakan kegiatan nasional yang setiap tahun selalu dilaksanakan oleh seluruh provinsi kabupaten/kota di Indonesia. Lomba desa pada dasarnya adalah bagaimana usaha dan upaya masyarakat sebelum pelaksanaan lomba desa, seluruh masyarakat dan aparat Pemerintah Kecamatan secara bersama-sama membangun desa, sehingga ke depan desa tersebut menjadi maju dan berkembang.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini tentunya untuk memilih desa dan kelurahan terbaik yang akan mewakili daerah ini di ajang lomba desa/kelurahan tingkat provinsi bulan Juni 2018 mendatang,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap kepada desa terpilih nantinya, agar terus memperbaiki serta menata desanya untuk bisa menjadikan Kabupaten Parigi Moutong meraih prestasi gemilang di tingkat propinsi nantinya. Bagi desa yang belum terpilih atau belum memenuhi kriteria untuk menjadi pemenang, ia berpesan jangan berputus asa, tetaplah membangun desanya demi pembangunan yang berkesinambungan menuju kesejahteraan masyarakat.

(humas Pemkab Parimo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.