Pilpres 2019 Akan Diikuti Tiga Calon Presiden? – Palu Ekspres
Nasional

Pilpres 2019 Akan Diikuti Tiga Calon Presiden?

PALU EKSPRES, JAKARTA – Presidential threshold (preshold) alias ambang batas calon presiden sebesar 20-25 persen diyakini tak akan membuat kontestasi Pemilihan Presiden 2019 menjadi tidak menarik.

Berbagai kalangan berpendapat bahwa preshold sebesar itu hanya akan menyebabkan calon presiden tunggal. Namun tidak demikian di mata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

Tjahjo menampik jika Pilpres 2019 nanti hanya akan ada calon tunggal. Politisi PDI Perjuangan ini bahkan berkeyakinan bahwa nanti akan ada tiga calon presiden.

“Saya sebagai Mendagri mencermati paling banyak akan muncul besok (Pilpres 2019) ada tiga pasangan calon,” katanya yakin dalam “Workshop Nasional: Perempuan, Legislatif, Eksekutif, dan Kader Partai Golkar” yang digelar Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/8/2017).

Terkait preshold 20-25 persen, salah satu partai pendukung pemerintah, Partai Amanat Nasional (PAN) tak sejalan dengan langkah yang diambil oleh partai-partai pendukung pemerintah. Di mana saat rapat paripurna DPR RI beberapa waktu silam, semua Anggota DPR RI dari Fraksi PAN melakukan aksi walkout bersama Partai Gerindra, PKS, dan Demokrat.

Ini pula yang menjadi dasar pikiran Tjahyo, bahwa kemungkinan koalisi pro-pemerintah akan pecah dan membuat peluang muncul banyak capres.

“Saya mencermati saja. Mencermati saja karena ada parpol koalisi Pak Jokowi. Apakah semua (gabung lagi)? Belum tentu juga. Dari yang saya cermati bisa dua atau tiga. gitu,” jelasnya.

(sam/rmol/fajar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!