Pesan Damai di Balik Nyala yang Tumbuh di Kepala – Palu Ekspres
Daerah

Pesan Damai di Balik Nyala yang Tumbuh di Kepala

Proses latihan Sanggar Seni Hati SMA N 2 Balaesang

PALU EKSPRES, PALU – Peran Pesan Damai adalah tema besar yang diusung Sanggar Seni Hati SMA N 2 Balaesang sebagai peraih Hibah Cipta Perdamaian 2017 yang diberikan oleh Yayasan Kelola dan Kedutaan Denmark.

Dalam kegiatan ini, Sanggar Seni Hati menggarap sebuah pertunjukan teater yang berjudul “Nyala yang Tumbuh di Kepala” Karya Abdian Rahman, yang kemudian disutradarai oleh Abdian Rahman bersama Wahyuda Eka Prawira.

Pementasan ini melibatkan 16 orang pemain yang berasal dari dua kecamatan berbeda, Tiga sekolah dan 7 Desa. Kecamatan Balaesang dan Kecamatan Sirenja, SMA N 1 Sirenja, SMK N 1 Balaesang dan SMA N 2 Balaesang di Kabupaten Donggala.

Remaja yang terlibat dalam proses ini berasal dari sebaran desa yang berbeda-beda di setiap kecamatan, desa Lompio, desa Lende, desa Labean, desa Lombonga, desa Meli, Desa Tambu dan Desa Mapane.


Latihan intens dilakukan kurang lebih selama sebulan, dengan lokasi latihan berpindah-pindah dari sekolah satu ke sekolah yang lain, dari kecamatan Balaesang, ke kecamatan Sirenja, dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat persaudaraan, meretas kesenjangan yang dapata mengarah pada konflik.

Puncak dari kegiatan ini adalah pertunjukan teater  berdurasi sekitar 45 menit pada Tanggal 15 April 2017, dengan konsep realis dan menggunakan beberapa simbol-simbol budaya lokal di dalamnya.

Pada malam puncak nanti, orang tua para pemain akan hadir menyaksikan pertunjukan anak-anaknya di Gedung Serba Guna Tambu, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Sejauh ini Sanggar seni HATI tinggal melakukan pemantapan latihan menjelang pertunjukan. Kepala SMA N 2 Blaesang, Drs. Yuddin Wahe mengatakan, sutradara pertunjukan  Abdian Rahman dan Wahyuda Eka Prawira melaporkan proses tinggal pemantapan dan pematangan.

“Menurut sutradara kami, bahwa proses tinggal pemantapan lighting dan musik pengiring. Doakan semoga berjalan lancar. Salam damai.” kata Yuddin.

(ar/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!