Perusahaan Cina Jajaki Investasi CPO di Sulteng – Palu Ekspres
Daerah

Perusahaan Cina Jajaki Investasi CPO di Sulteng

PALU, PE – Hainam Yachao Group (HYG), sebuah perusahaan asal China berencana menjalin kerjasama dalam sejumlah bidang dengan Pemprov Sulteng.

Rencana itu dikemukakan langsung pihak HYG di hadapan Gubernur Sulteng, Senin (6/3) kemarin dalam kunjungan resminya.

Sales Managemen HYG, Lv Zu Bi kepada Gubernur menyebutkan, kerjasama yang mungkin dapat terjalin diantaranya pada bidang riset tentang kelapa dalam. Pengembangan sumber daya manusia (SDM) pada bidang ekspor impor.

Kedatangan rombongan HYG sekaligus juga membahas rencana pembangunan pabrik CPO dan tepung kelapa di wilayah Sulteng.

Menurut Lv Zu Bi, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap potensi unggulan SDA di Sulteng.

HYG merupakan daerah kepualauan China yang memiliki karakteristik mirip dengan Sulteng. HYG memiliki daerah Industri di YANGPU. Daerah industri tersebut bahan bakunya banyak tersedia di Sulteng. Seperti kelapa dalam, rotan, rumput laut.

YANGPU juga memiliki alat – alat industri pertanian yang bisa di Inpor dari Hainam dengan pembayaran melalui bahan baku industri.

Rencana kerja sama ini diharap dapat segera terealisasi. Pihak HYG bahkan berencana  mengundang Gubernur Sulteng mengunjungi Hainam.  Gubernur Sulteng, Longki Djanggola menyambut baik rencana itu.

Diapun berharap HYG dapat secepatnya merealisasikan pembangunan pabrik CPO dan tepung kelapa. Untuk mempercepat rencana itu Longki kemudian menunjuk Asisten Perekonomian dan Pembangunan sebagai Koordinator menindaklanjuti.

“Supaya harapan kita dalam waktu dekat sudah ada  eksport bahan baku dari Sulteng ke YANGPU,”jelas Longki.

Gubernur Longki Djanggola dalam kesempatan tersebut didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Elim Somba dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Sandra L Tobondo dan beberapa Kepala dinas terkait.

(HUMAS)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!