Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pertanggung Jawaban APBD Sigi Tahun 2017 Diparipurnakan

0

PALU EKSPRES, SIGI – DPRD Kabupaten Sigi menggelar sidang paripurna atas penjelasan Bupati Sigi tentang pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017, di ruang sidang DPRD Sigi, Senin (9/7/2018).

Sidang yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sigi, Moh Rizal Intjenae SSos MSi itu, dihadiri oleh Wakil  Bupati Sigi, Paulina SE MSi, para anggota DPRD Sigi, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Dalam sidang itu, Wakil Bupati Sigi, Paulina SE MSi menjelaskan berbagai item pengelolaan keuangan daerah di tahun 2017. “Laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD sendiri merupakan hal wajib dilaksanakan oleh kami selaku pihak pengelola roda pemerintahan,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD juga merupakan kewajiban konstitusional kepala daerah yang harus dipenuhi sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 17 tahun 2003,
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-undang Nomor 9 tahun 2015.

Substansi utama dari laporan atau pertanggung jawaban tersebut, adalah seputar tentang gambaran target dan realisasi yang dicapai, baik pendapatan daerah, belanja dan pembiayaan daerah itu sendiri.

Lebih jauh dikatakannya, bahwa pendapatan daerah Kabupaten Sigi itu sendiri yang ditargetkan sebesar Rp1,1 Triliun lebih dan realisasinya mendekati  Rp1,1 Triliun. Dan kalau dipresentasikan, capaian yang diperoleh Pemkab Sigi sendiri mencapai 99,24 persen.

“Seperti PAD kita itu berhasil terealisasi sebesar Rp76 Miliar lebih dari target yang ditetapkan sebesar Rp80 Miliar. Artinya, kita  berhasil mencapai presentasi 95,59 persen,” pungkasnya.

Diketahui, agenda selanjutnya yakni sidang paripurna atas tanggapan fraksi DPRD Sigi tentang penjelasan Bupati Sigi atas rancangan, yang akan dilaksanakan pada Kamis 12 Juli 2018 mendatang.

(mg2/palu ekspres)

Leave A Reply

Your email address will not be published.