Pertahankan Kebiasaan Ini Supaya Anda Terhindar dari Resiko Penyakit Liver – Palu Ekspres
Kesehatan

Pertahankan Kebiasaan Ini Supaya Anda Terhindar dari Resiko Penyakit Liver

ALU EKSPRES, JAKARTA – Sirosis adalah kondisi dimana liver atau hati tidak lagi bekerja secara normal. Akibatnya, fungsi membuat protein baru, menyimpan energi, melawan infeksi dan beberapa lainnya tidak lagi berjalan secara baik.

Adapun penyebabnya, seperti dikutip dari Hello Sehat, adalah akibat konsumsi alkohol, memakan seafood tanpa proses masak dan pemakaian obat-obatan secara berlebihan.

Gejala awal yang ditimbulkan dari penyakit kronis ini adalah seperti lemah dan mudah lelah, tidak napsu makan, bobot tubuh yang menurun, pembengkakan hati dan telapak tangan yang memerah.

Sementara gejala tahap akhirnya adalah seperti mata dan kulit yang menguning, perubahan warna urine yang terlihat kecoklatan atau kuning tua, rambut rontok, muntah darah, warna poop yang hitam dan beberapa lainnya.

Untungnya, menurut sebuah studi yang dirilis pada Journal of Hepatology, kondisi ini dapat terhindarkan jika Anda memiliki kebiasaan meminum teh atau kopi setiap harinya.

“Data eksperimen menunjukan adanya konsumsi kopi bermanfaat terhadap peningkatan enzim hati, hepatitis viral, NAFLD, sirosi dan kanker hati,” jelas Kepala Studi Sarwa Darwish Murad, Ph.D., hepatolog dari Erasmus MC University Medical Center di Rotterdam, Belanda yang dilansir MNT (8/7/2017).

Studi ini juga mengungkapkan bahwa konsumsi kopi secara rutin, juga teh herbal, memiliki manfaat tersendiri dalam menurunkan tingkat ketegangan yang terjadi pada hati.

Hal ini kemudian mengindikasikan bahwa konsumsi kopi dan teh secara rutin dapat mencegah terjadinya liver fibrosis (pembentukan jaringan fibrosa yang berlebihan) sebelum gejala penyakit liver itu terjadi.

Sirosis sendiri adalah penyebab kematian nomor 12 di Amerika Serikat dan bertanggungjawab atas 32 ribu kasus kematian setiap tahunnya.

(ruf/fajar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top