Persiba Gencar Berburu ‘Beruang’ Muda – Palu Ekspres
Olahraga

Persiba Gencar Berburu ‘Beruang’ Muda

BALIKPAPAN, PE – Persiba Balikpapan belum menghentikan perburuan pemain jelang kickoff Liga 1 2017.
Selain membidik pemain senior, tim berjuluk Beruang Madu ini juga gencar berburu pemain muda di bawah 23 tahun. Peraturan baru yang diterapkan PSSI di kompetisi tertinggi Tanah Air jadi salah satu alasan.

Diketahui, dalam peraturan yang ingin diterapkan induk sepak bola di Indonesia ini, di setiap pertandingan, semua tim wajib menurunkan minimal tiga pemain sebagai starter.

Sementara, komposisi pemain yang ada masih jauh dari kata memuaskan. Dari tujuh pemain yang terdaftar, hanya tiga yang tampil konsisten. Yakni Heri Susanto, Kurniawan Kartika Ajie, dan Robi Kriswantoro.

Jika salah satu tidak bisa bermain, tentu memengaruhi kekuatan tim. Seperti yang tersaji di laga pemungkas babak penyisihan Grup 3 Piala Presiden, beberapa hari lalu.

Tepatnya saat Persiba dipaksa mengakui kehebatan PSM Makassar, dengan skor 1-3. Ketidakhadiran Robi memberi pengaruh yang besar di lini tengah.

Ardi Yuniar yang diplot sebagai pengganti gagal menjaga kedalaman. Diturunkan sebagai double pivot, dia seperti kebingungan ketika memegang bola. Apakah mengirim ke Masahito Noto atau langsung ke Marlon da Silva. Dalam laga itu, dia terlihat sering melakukan passing error.

“Untuk Ardi, dia sebenarnya dipaksakan main tidak di posisi idealnya. Aslinya dia adalah stopper. Makanya penampilannya kurang memuaskan,” kata asisten pelatih Haryadi (19/2).

Mantan pelatih kepala Persiba medio 2010–2012 ini pun menyebut, Beruang Madu minimal membutuhkan satu tambahan anak muda. Ini juga untuk mengantisipasi hilangnya satu pemain andalan, Kurniawan Kartika Ajie.

Pria yang berposisi sebagai penjaga gawang tersebut, beberapa hari lalu mendapat panggilan mengikuti seleksi Timnas U-22, yang disiapkan menuju SEA Games 2018, Malaysia.

“Tapi kami tidak boleh asal-asalan dalam memilih pemain. Kami harus benar-benar dapat yang bagus. Juga multifungsi. Jadi, ketika pemain muda lain absen, ada pelapis sepadan dan usianya sama,” terangnya.

Jika Ajie lolos seleksi, Persiba juga mesti berburu penjaga gawang baru. Kemungkinan besar diisi pemain senior.

(ndu/zal/k9/PE) 

Click to comment
To Top