Pernikahan Beda Kewarganegaraan, Cinta Mereka Bersemi dalam Air – Palu Ekspres
Daerah

Pernikahan Beda Kewarganegaraan, Cinta Mereka Bersemi dalam Air

Kedua mempelai, M Syahrizal Mansyur dan Sofya Yvonne Tedestam menunjukkan buku nikah di pesta pernikahan yang berlangsung di Aula Rumah Makan Seruni, Barru, Minggu, 14 Mei. Foto: DHANY MARZUKI/FAJAR

PALU EKSPRES, BARRU – M Syahrizal Mansyur (32), warga Barru, Sulsel, menikahi perempuan bule asal Swedia. Namanya Sofya Yvonne Tedestam (36).

DHANY MARZUKI-RUSMAN NAZAR – Barru

Usai mengucapkan ijab kabul di Aula Rumah Makan Seruni Barru, Minggu, 14 Mei, Rijal (sapaan akrab M Syahrizal Mansyur), menyunggingkan senyum.

Masih dengan busana pengantin adat Bugis, yang didominasi warna merah, Rijal dan istrinya, Sofya (sapaan akrab Sofya Yvonne Tedestam), menunjukkan buku nikah keduanya.

Pasangan beda negara ini pun menjadi perbincangan warga maupun para tamu di pesta pernikahan Rijal dan Sofya.

Sofya sendiri sudah memeluk agama Islam pada April lalu. Pada pesta pernikahan kemarin, Sofya juga tak membebani Rijal dengan maskawin berupa uang tunai. “Maharnya seperangkat alat salat saja,” ujar paman Rijal, Abdillah di sela-sela prosesi pernikahan.

Lahir di Barru, saat ini Rijal lebih banyak berdomisili di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sana, dia tercatat sebagai karyawan sebuah perusahaan travel. Di sanalah dia bertemu dengan Sofya.

Rijal dan Sofya punya hobi yang sama, yakni menyelam. Hobi yang sama inilah yang mempertemukan keduanya di Labuan Bajo.

“Kita teman di salah satu travel di Labuan Bajo. Saya Dive Master, istri saya (Sofya) Dive Instructure. Cinta kami bersemi di air,” ujar Rijal sambil tertawa.

Sebelum terjalin ikatan asmara, Sofya telah beberapa kali berkunjung ke kampung halaman orang tua Rijal di Desa Bojo, Kecamatan Mallusetasi, Barru.

“Tapi saat itu mereka belum pacaran. Orang tua Rijal merasa cocok sama Sofya. Akhirnya diputuskan, Rijal datang langsung melamar Sofya ke orang tuanya di Swedia,” ujar Abdillah.

Abdillah mengungkapkan, Rijal sudah dua kali menjalin asmara dengan perempuan beda negara. Sebelum bersama Sofya, dia juga pernah menjalin asmara dengan bule asal Kanada.

“Pernah ada pacarnya dari Kanada yang kerja di bank. Tetapi ternyata jodohnya sama Sofya,” ungkap Abdillah.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Bojo, Arifin Tinulu mengaku, beberapa hari sebelum pesta, Sofya dan keluarganya dari Swedia, sudah berada di Barru.

Selama beberapa hari, mereka menginap di rumah salah satu keluarga Rijal di Kampung Lojie. “Pernikahannya dilakukan di KUA Kecamatan Mallusetasi,” beber Arifin.

(*/asw)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!