Perempuan Zaman “Now”, Bijak Hadapi Tantangan Zaman – Palu Ekspres
Agama

Perempuan Zaman “Now”, Bijak Hadapi Tantangan Zaman

LOMBA DWP – Suasana salah satu perlombaan yang digelar DWP Kanwil Kemenag Sulteng. IST

PALU EKSPRES, PALU – Tuntutan dan tantangan zaman “now” yang semakin maju, dinilai harus disikapi dengan bijak oleh seluruh komponen sosial masyarakat, tidak terkecuali bagi para perempuan. Pesan ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Abdullah Latopada, pada peringatan Hari Ibu ke-89 yang dirangkaikan dengan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 Kemenag, yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sulteng, di aula Kanwil Kemenag Sulteng, Selasa 9 Januari 2018.

Bersikap bijak yang dimaksud, adalah dengan tetap menjaga nilai-nilai keagamaan di samping mengikuti perkembangan zaman. Menurutnya, prinsip kehidupan beragama dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk dijaga, apalagi kemajuan zaman saat ini sudah mengarah kepada hal-hal yang sangat bebas dan nyaris tanpa batasan.

“Di zaman ‘now’ ini, tidak apa-apa ikut perkembangan, tetapi harus tetap menjaga diri. Perempuan berdaya, namun tetap berada di koridor agama masing-masing, menggunakan prinsip agama dalam kehidupan,” kata Abdullah.

Selain itu kata Abdullah, perempuan tidak hanya mesti pandai dalam urusan rumah tangga, tetapi juga harus mampu berperan dalam kepentingan masyarakat. Namun, ia mengingatkan bahwa perempuan harus mampu menempatkan diri dalam peran-peran di rumah tangga, dan menjadi ibu yang cerdas bagi keluarganya.

“Dalam perannya tersebut, harus tetap dalam koridor, dan saling menghormati dengan suami,” imbuhnya.

Pada peringatan Hari Ibu ke-89 dan HAB ke-72 DWP Kanwil Kemenag bertema ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya’ tersebut digelar beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya talkshow tentang peran Ibu dalam pencegahan narkoba dan pornografi, yang dibawakan oleh dua narasumber, yakni Sekjen Wanita Islam Alkhairaat (WIA), Hj. Syarifah Sakinah, dan praktisi kesehatan, dr. Rizqa. Selain itu, digelar pula beberapa lomba yang melibatkan DWP Kantor-kantor Kemenag di beberapa daerah serta perwakilan madrasah.

Secara khusus, Kakanwil menyampaikan rasa terima kasihnya kepada DWP Kanwil kemenag Sulteng, yang selama ini telah mendukung program-program, dan memberikan banyak kontribusi positif bagi Kemenag Sulteng. Di antaranya melalui pembinaan rutin Dharma Wanita, Pendidikan Antikorupsi dalam program Saya Perempuan Antikorupsi (SPAK) di beberapa madrasah, serta program-program lainnya.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!