Penyakit Ini Lebih Banyak Diidap Perempuan, Berikut Gejalanya – Palu Ekspres
Kesehatan

Penyakit Ini Lebih Banyak Diidap Perempuan, Berikut Gejalanya

PALU EKSPRES, JAKARTA – Merasakan benjolan empuk di leher patut dicurigai. Apalagi bila disertai dengan keluhan jantung berdebar-debar atau gangguan lain dalam tubuh. Sebab bisa jadi hal itu merupakan gejala penyakit serius yakni hipertiroid.

Spesialis penyakit dalam RSUD dr Soetomo dr Sony Wibisono SpPD KEMD mengatakan, pasien yang datang padanya acapkali sudah dalam keadaan yang parah. Salah satunya karena kurang tepatnya diagnosis sebelumnya. ’’Karena gejalanya tidak khas, misalnya demam tinggi. didiagnosis tifus. Padahal demamnya nggak selesai-selesai,’’ ujar Sony.

Sony menambahkan, penyakit ini memang jauh lebih mudah ditemui pada perempuan. Dia mencontohkan, dari 100 pasiennya mungkin hanya 3 orang berjenis kelamin laki-laki. ’’Perbandingannya dengan laki-laki, 5 : 1. Tiap bulan, saya biasanya mendiagnosa tiga perempuan usia kepala 2 – 3’’ cetusnya.

Untuk penyebabnya, sebagian besar adanya proses autoimun dalam tubuh pasien. Jadi, bila idealnya imunitas menjaga daya tahan tubuh dengan menyerang kuman. Pada pasien hipertiroid, imunitas malah menyerang tubuh. Salah satu dampaknya, kelenjar tiroid dalam leher menghasilkan hormon tiroid yang tidak terkontrol. Semua hal yang berhubungan dengan kelenjar tiroid, masyarakat awam menganggapnya sebagai penyakit gondok.

(ina/JPG)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!