Penumpang Panik, Pesawat AirAsia Bergetar seperti Mesin Cuci – Palu Ekspres
Internasional

Penumpang Panik, Pesawat AirAsia Bergetar seperti Mesin Cuci

PALU EKSPRES, SYDNEY – Pesawat AirAsia tujuan Kuala Lumpur terpaksa balik kucing ke Bandara Perth kemarin (25/6). Gara-garanya, pesawat jenis Airbus A330 itu mengalami masalah teknis yang cukup serius.

Badan pesawat itu bergetar hebat. Salah seorang penumpang yang sempat mengabadikan momen yang awalnya dia duga turbulensi itu menyebut seluruh isi pesawat bergetar seperti mesin cuci.

“Pilot mendeteksi adanya masalah teknis. Dia lantas membawa pesawat putar balik dan mendarat kembali di bandara semula,” terang seorang jubir bandara seperti dilansir Jawa Pos, Senin (26/6).

Di landasan pacu, petugas sudah mempersiapkan paramedis, ambulans dan tim tanggap darurat. Tapi, pesawat berhasil mendarat dengan selamat. Tidak seorang penumpang pun terluka akibat insiden tersebut.

Saat memutuskan untuk putar balik itu, pesawat sudah menempuh penerbangan selama sekitar 90 menit.

”Anda bisa merasakan ada sesuatu yang serius saat melihat reaksi awak kabin. Pesawat berguncang sangat hebat dan para penumpang panik,” kata Sophie Nicolas, salah seorang penumpang. Sebelum pesawat bergetar, dia mengaku mendengar ledakan di sisi kiri pesawat.

Beruntung, keputusan pilot untuk kembali ke Bandara Perth itu tepat. Segera setelah memberitahukan kondisi pesawat ke menara kendali, pilot langsung memutar ke rute awal. Setelah pesawat mendarat dan seluruh penumpang turun, teknisi melakukan pengecekan menyeluruh. Kabarnya, turbin pesawat bermasalah. Suara ledakan yang didengar sejumlah penumpang itu berasal dari sana.

(AFP/hep/ami/JP/jpnn)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top