Pengelolaan PPID di Touna Harus Lebih Optimal – Palu Ekspres
Daerah

Pengelolaan PPID di Touna Harus Lebih Optimal

BIMTEK-Wabup Touna Admin AS. Lasimpala ketika membuka Bimtek PPID Lingkup Pemkab Touna, Rabu (13/9/2017), di Hotel Pink, Kelurahan Uentanaga Bawah, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Touna. FOTO YAHYA LAHAMU/PE

PALU EKSPRES, AMPANA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-una (Touna) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID), yang dilaksanakan di Hotel Pink, Kelurahan Uentanaga Bawah, Kecamatan Ratolindo, Rabu (13/9/).

Bimtek dalam rangka mengoptimalkan layanan informasi dan dokumentasi publik tersebut, dibuka oleh Wakil Bupati Touna, Admin AS. Lasimpala, S.IP, yang dihadiri oleh Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lingkup Pemkab Touna dan peserta Bimtek PPID.

Dalam sambutannya, Wabup Touna Admin AS. Lasimpala, S.IP berharap agar pengelolaan informasi dan dokumentasi lingkup Pemkab Touna harus lebih optimal. Dengan optimalnya keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit.

“Saat ini, untuk layanan informasi dan dokumentasi publik belum optimal, itu disebabkan karena banyak para pejabat PPID belum semuanya mengetahui tentang bagaimana pengelolaan PPID,” kata Wabup.

Olehnya dia berharap, dengan adanya Bimtek ini, ke depannya pengelolaan PPID harus lebih optimal, harus benar-benar berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Karena saya beberapa kali selalu dikonfirmasikan terkait permintaan informasi dari penegak hukum. Saya pikir pihak pengelola sudah harus merubah sistem ini agar lebih mudah lagi,” ujarnya.

Dia juga berharap kepada para OPD Lingkup Pemkab Touna harus segara membentuk setidaknya tiga orang anggota Pejabat Pengelolah Informasi Dokumentasi.
“Terkait kebutuhan anggaran agar segera disusun baik honorium bagi pengelola, maupun kebutuhan lainya untuk segera dianggarkan,” ujarnya.

(mg3/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top