Penerima Rastra Palu Tersisah 12.478 KK – Palu Ekspres
Palu

Penerima Rastra Palu Tersisah 12.478 KK

PALU EKSPRES, PALU – Keluarga penerima manfaat (KPM) beras sejahtera (Rastra)  Kota Palu tahun ini menurun. Berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos) RI terbaru, kini KPM tersisah 12.478 kepala keluarga (KK) dari sebelumnya mencapai 13 ribu lebih.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Palu, Tamin Tombolotutu menyebutkan, data tersebut merupakan data badan pusat statistik (BPS). Data BPS ini kemudian diserahkan pada tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan kota (TNP2K) yang selanjutnya dirilis oleh Kemensos RI.

“Dari Kemensos, data yang dikeluarkan itu sudah lengkap by name by adress,”sebut Tamin, Rabu kemarin di kantornya.

Jumlah kuantum Rastra untuk Kota Palu sendiri menurutnya sebesar 187.170kg perbulan atau 2.246.040kga dalam setahun.  Penyaluran Rastra tahun ini jelas Tamin mundur dari jadwal.

Sedianya Rastra disalurkan pada Februari lalu. Namun karena ada perbaikan data KPM, penyaluran Rastra Januari-Februari baru bisa terealisasi Maret ini.

“Saat ini sudah mulai disalurkan. Penyaluran dimulai Selasa sampai dengan Selasa 2 Mei mendatang di kecamatan masing-masing,”terangnya.

Tamin menjelaskan, pengambilan Rastra oleh KPM cukup membawa KTP. Sebab data KPM yang di keluarkan Kemensos sudah lengkap memuat by name by adress.

“Tahun ini masih menggunakan KTP, tapi tahun depan mungkin sudah dalam bentuk voucher karena ada rencana perubahan metode,”jelasnya lagi.

Adapun jadwal penyaluran Rastra  diawali di Kecamatan Palu Utara dan Tawaeli, Selasa 25 Maret. Jumlah KPM didua kecamatan ini sebanyak 3.027KK.

Selanjutnya Kamis 27 April di kecamatan Palu Timur-Mantikulore sebanyak 3226KK. Kemudian Jumat 28 April Kecamatan Palu Selatan-Tatanga dengan jumlah KPM sebanyak 3151KK. Dan pada Selasa 2 Mei penyaluran dilakukan di Kecamatan Palu Barat-Ulujadi sebanyak 3274 KPM.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!