Pendaftaran SBMPTN Dibuka Hari Ini, Buruan Daftar! – Palu Ekspres
Pendidikan

Pendaftaran SBMPTN Dibuka Hari Ini, Buruan Daftar!

PANITIA – Prof. Dr. Sutarman Yodo (kiri) bersama Dr. Darsikin (kanan), saat memberikan keterangan pers terkait SNMPTN Untad, beberapa waktu lalu. IST

PALU EKSPRES, PALU – Proses pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun akademik 2018/2019, resmi dibuka mulai hari ini Kamis 5 April 2018 hingga 27 April 2018 mendatang. Dalam jalur SBMPTN, Universitas Tadulako (Untad) membuka kesempatan pendaftaran di semua program studi yang tersedia dari 11 fakultas di Untad.

Koordinator Humas Panitia Lokal SBMPTN Untad 2018, Dr. Darsikin menerangkan, para pendaftar SBMPTN dapat memilih untuk mengikuti seleksi Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Pendaftaran SBMPTN sudah dibuka mulai besok (hari ini-red) sampai 27 Aprul 2018, dengan sistem online. Tahun ini pendaftar bisa memilih apakah akan ikut seleksi berbasis komputer atau cetak,” jelas Darsikin, melalui sambungan telepon, Rabu 4 April 2018.

Ia menambahkan, SBMPTN membuka pendaftaran bagi para lulusan SMA sederajat tahun 2016, 2017 dan 2018. Syarat pendaftaran bagi para lulusan tahun 2016 dan 2017 adalah ijazah, serta surat keterangan lulus bagi lulusan tahun 2018.

Usai pendaftaran, tes SBMPTN diagendakan akan dilaksanakan pada 8 Mei 2018 mendatang, dan hasilnya akan diumumkan pada 3 Juli 2018.

“Pendaftar bisa mendaftarkan diri di mana saja, yang ada koneksi internetnya,” tandas Darsikin.

Sementara itu, jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang telah dibuka sebelum jalur SBMPTN, saat ini telah masuk pada tahapan penyeleksian oleh pihak panitia, terkait siapa saja calon mahasiswa baru yang diluluskan dan yang tidak.

“Untuk SNMPTN sedang diseleksi siapa yang lolos dan yang tidak. Tanggal 15-16 April 2018 panitia pusat akan merapatkan, dan tanggal 17 April 2018 pengumuman,” jelas Ketua Panitia Lokal SNMPTN Untad, Prof. Dr. Sutarman Yodo, di sela-sela salah satu kegiatan Untad, Selasa 3 April 2018.

Prof. Sutarman menuturkan, bagi para pendaftar SNMPTN yang telah dinyatakan lulus di Untad, harus mulai mempersiapkan berkas-berkas portofolio untuk diverifikasi oleh panitia lokal.

“Tanggal 18 April 2018 sudah mulai memasukkan data portofolionya, data rapor dan lain-lain, karena itulah yang akan diverifikasi oleh panitia lokal, terkait kesesuaian data yang diisi di PDSS (Pangkalan Data Siswa dan Sekolah) dengan data yang sebenarnya. Sampai tanggal 8 Mei hari terakhirnya sekaligus pendaftaran kembali,” jelasnya.

Prof. Sutarman menambahkan, bagi para pendaftar yang belum dinyatakan lolos pada jalur SNMPTN, maka masih memiliki waktu untuk mendaftar melalui jalur SBMPTN.
“Setelah pengumuman SNMPTN masih terbuka pendaftaran SBMPTN, jika tidak lulus masih ada waktu pendaftaran jalur SBMPTN,” tandas Prof. Sutarman.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!