Pemprov Sulteng Butuh Aparatur Berkualitas – Palu Ekspres
Daerah

Pemprov Sulteng Butuh Aparatur Berkualitas

LAKIP - Sekdaprov Sulteng Hidayat Lamakarate membuka Diklat penyusunan LKIP, Senin 12 Maret 2018 di Kantor Badan Litbang Sulteng. FOTO HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU EKSPRES, PALU – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng Hidayat Lamakarate menyatakan, saat ini pemerintah akan memprioritaskan aparatur dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) mumpuni untuk ditempatkan dalam struktur jabatan.

Hal itu ia tegaskan saat mewakili Gubernur Sulteng membuka pendidikan dan pelatihan (Diklat) penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah (LKIP) di Kantor Badan Pengembangan SDM Sulteng,Senin 12 Maret 2018.

Salahsatu upaya peningkatan kualitas SDM itu menurutnya dilakukan melalui kegiatan Diklat. Ia menilai Diklat dapat meningkatkan kompetensi aparatur dalam menyusun LKIP. Hidayat menyatakan, aparatur pemerintah harus mempunyai posisi dan kedudukan yang strategis dalam mengemban tugas tugas umum pemerintahan, baik untuk aparatur pemerintah pusat dan daerah .

Sehingga kata dia, aparatur dapat menguasai penyusunan laporan yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ini sekaligus membentuk aparatur yang profesional. Karenanya pelatihan peningkatan kwalitas dan kafasitasnya sebagai aparatur pemerintah sangat perlu dilakukan.

Sebab kata Hidayat, pemerintah daerah saat ini sangat merespon tingginya kebutuhan SDM yang berkualitas dan memiliki integritas serta berkompeten. Hal itu untuk mengisi jabatan yang ada di lingkup pemerintah mulai dari jabatan pratama,madya hingga utama. Karena untuk mengisi jabatan tersebut menurutnya aparatur harus memiliki kualifikasi.

Karena itu peran badan pengembangan SDM diharap bisa menciptakan sebuah format yang efektif serta efesien dalam pengembangan SDM. “Dan tentunya Badan Pengembangan SDM harus juga didukung Tenaga tenaga SDM yang handal dan profesional,”sebutnya.

Hidayat menyatakan pelatihan penyusunan LKIP adalah satu langkah untuk dalamnya mempersiapkan aparatur pemerintah mempersiapkan pertanggungjawaban yang tepat,jelas dan legitimate.

Agar nantinya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna dan berhasil guna. Serta dapat terhindar dari korupsi, kolusi dan Nepotisme. Diapun berharap Diklat penyusunan LKIP memberi jawaban terhadap peningkatan kwalitas dan kwalifikasi SDM aparatur lingkup Pemprov Sulteng.

Dan dia meminta seluruh pesertanya bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan dengan baik. Karena hal ini juga akan berdampak pada peningkatan kompetensi dan profesionalismenya masing-masing. “Mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas, efektif dan efesien sesuai tugas dan fungsi yang dibebankan kepada seluruh peserta,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!