Pemprov Diminta Selesaikan Masalah TKA di Morowali – Palu Ekspres
Daerah

Pemprov Diminta Selesaikan Masalah TKA di Morowali

Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulteng, Yusuf Lakaseng

PALU EKSPRRS, PALU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng dalam hal ini Gubernur Sulteng diminta untuk segera menyelesaikan kasus berkaitan dengan Tenaga Kerja (TK) asing yang berada di PT IMIP Kabupaten Morowali.

“Kami inginkan agar kasus berkaitan dengan tenaga kerja di PT IMIP Morowali segera diselesaikan secepat mungkin oleh pemerintah,” kata Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulteng, Yusuf Lakaseng kepada wartawan, belum lama ini.

Penyelesaian masalah tenaga kerja asing yang ada di Morowali tersebut, jelasnya, yakni berkaitan dengan keakuratan data secara kongkrit.

“Kenapa saya minta untuk segera diselesaikan, karena data tenaga kerja asing PT IMIP Morowali berdasarkan audit Kemenaker RI, itu berkisar 2 ribuan lebih orang, yang notabenenya adalah anskil atau buruh kasar,” terangnya.

Nah, lanjutnya, ini kan tentunya akan mengganggu kenyamanan para pekerja lokal yang ada saat ini di PT IMIP Morowali.

“Saya kira, Pemprov harus segera melakukan audit atau penelusuran berkaitan dengan hal tersebut. Bila sudah ada data yang kongkrit dari hasil penelusuran nantinya, ya segera ditindaklanjuti ke pemerintah pusat, supaya para tenaga kerja asing yang merupakan pekerja buruh kasar untuk segera dideportase,” ujarnya.

Jika tidak, sambungnya, tidak menutup kemungkinan, masalah ini bisa mengarah ke hal-hal yang tidak diinginkan.

“Seperti gesekan atau konflik sosial. Karena adanya ketidak adilan terhadap para tenaga kerja yang merupakan buruh kasar lokal,” paparnya.

Menurutnya, bahwa berkaitan dengan tenaga kerja asing yang bukan merupakan tenaga kerja teknis melainkan buruh kasar, dan tidak seharusnya didatangkan dari Cina.

“Banyak kok tenaga kerja lokal kita. Tidak perlu jauh-jauh didatangkan dari Cina kalau hanya untuk tenaga kerja sebagai buruh kasar,” pungkasnya.

(mg2/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!