Pemprov Bakal Pulangkan TKA Secara Massal – Palu Ekspres
Ekonomi

Pemprov Bakal Pulangkan TKA Secara Massal

PALU EKSPRES, PALU – Pemerintah Provinsi Sulteng bersama para pemilik perusahaan yang beroperasi  tetap berkomitmen akan memulangkan tenaga kerja asing (TKA) secara besar-besaran yang bekerja di daerah ini.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Gubernur Longki Djanggola pada pidatonya menjawab usulan rekomendasi dewan untuk Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Provinsi Sulteng 2016.

Longki menegaskan, pemulangan secara besar-besaran TKA  tersebut nantinya, setelah dilakukan transfer ilmu pengetahuan (transfer of knowladge) dan transfer keterampilan (transfer of skill) pada tenaga kerja lokal.

Untuk diketahui katanya, beberapa perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Morowali, Morowali Utara  dan Banggai sedang melakukan  pemasangan mesin dan turbin. Kegiatan ini banyak melibatkan tenaga kerja asing dan mengundang sorotan publik.

Sehingga Presiden, Wakil Presiden bersama para Menteri, secara khusus membahasnya dalam rapat kabinet pada Bulan Maret 2017 lalu.

“Rapat ini  juga dihadiri sejumlah gubernur termasuk saya selaku Gubernur Sulteng,” kata Longki.

Dalam rapat tersebut lanjutnya, Presiden dalam arahannya meminta kepada Gubernur Sulteng agar menyampaikan kepada para Bupati dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, khususnya di Kabupaten Morowali, Morowali Utara  dan Banggai untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait keberadaan tenaga asing di daerahnya.

(fit/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!