Pemkot Uji Publik Desain Gerbang Kota – Palu Ekspres
Palu

Pemkot Uji Publik Desain Gerbang Kota

BAHAS ISU- Polibu Ntodea digelar Pemkot Palu untuk mengakomodir usulan dan saran masyarakat terkait suatu kebijakan atau isu strategis kota, Selasa malam 11 April 2017. Foto Hamdi Anwar/PE

PALU EKSPRES, PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu kini membuka ruang bagi masyarakat untuk memberi saran atau masukan terhadap suatu kebijakan maupun program pembangunan yang akan dilaksanakan.

Ruang itu disebut Polibu Ntodea, auatu forum diskusi yang melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait dalam menetapkan suatu kebijakan. Konsep Polibu Ntodea sendiri terinspirasi pola rembuk masyarakat bernuansa adat Kaili.

Wali Kota Palu, Hidayat menyebut, hal-hal yang menjadi isu dalam Polibu Ntodea adalah semua yang berkaitan dengan kebijakan atau program yang akan dilaksanakan Pemkot Palu.

Isu tersebut dijadikan materi dalam Polibu Ntodea setelah melalui perencanaan bersama di internal Pemkot.

“Jadi setelah kita yang menyusun, itu kita lempar ke Polibu Ntodea untuk ditanggapi bersama,” kata Hidayat, Rabu 12 April 2017 di ruang kerjanya.

Forum rembuk warga itu menurutnya adalah bentuk transparansi Pemkot dalam suatu kebijakan. Dengan begitu, segala kebijakan nantinya dapat berjalan dengan baik tanpa khawatir ada komplen dari masyarakat.

“Forum ini semacam uji publik atas suatu rencana yang akan dilaksanakan,”pungkasnya.

Salahsatu program yang telah diuji publik melalui Polibu Ntodea adalah rencana pembangunan gerbang kota, pemukiman dan perkantoran. Itu setelah Pemkot dan tim juri menetapkan nominator sayembara desian gerbang.

Desain gerbang yang terpilih kembali dipaparkan dalam masing-masing desainer dalam Polibu Ntodea yang digelar Selasa malam 11 April 2017.

Selanjutnya masyarakat memberi masukan dan saran hingga kritik terhadap desain tersebut. Masyarakat yang hadir datang dari berbagai kalangan mulai dari akadimisi, budayawan dan sejarawan, termasuk tokoh-tokoh adat.

Seluruh tanggapan yang muncul dalam forum itu selanjutnya disampaikan kepada wali kota.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!