Pemkot Siapkan 10 Ribu Rumah bagi MBR – Palu Ekspres
Palu

Pemkot Siapkan 10 Ribu Rumah bagi MBR

 

Gandeng Ark International, Mulai Bangun 2016
PALU,PE-Pemkot bersama Perusahaan Daerah (Perusda) Kota Palu berencana membangun 10.000 unit rumah subsidi yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pada tahun 2016 mendatang.
Untuk rencana ini, Pemkot akan menggandeng Pt Ark Internastional Indonesia salah satu perusahaan konstruksi dan properti asal Sanghai Cina sebagai investor yang akan membangun perumahan tersebut.
Direktur Perusda Kota Palu, Taufik Kamase menjelaskan, rencana ini pada dasarnya untuk menindaklanjuti program pembangunan satu juta rumah bersubsidi di 16 provinsi yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo pada April 2015 silam.
Menurutnya, pembangunan rumah itu akan mengambil lokasi di Kecamatan Palu Utara Kota Palu sehingga berdekatan dengan lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kelurahan Mamboro.
“Ini sekaligus sebagai bentuk suport perumahan jika nantinya KEK Palu mulai berjalan,”katanya.
Sementara untuk skop Sulteng kata Taufik, nantinya ditargetkan akan membangun sebanyak 30.000 ribu unit rumah.
Program ini kata dia tengah dipersiapkan. Pihaknya saat ini tengah melakukan survei lokasi lain di wilayah Sulteng.
“Yang 10.000 unit di Kecamatan Palu Utara itu baru tahap awal,”jelasnya lagi.
Rumah bersubsidi ini lanjut Taufik, rencananya akan dibanderol dengan harga Rp100 juta per unit. Nilai subsidi pembayaran angsurannya akan mengikut pada teknis dari Kementerian Perumahan Rakyat yang akan disosialisasikan kemudian.
“Teknis mulai dari pola pembayaran, jumlah angusran bulanan serta klasifikasi calon pembeli itu akan menunggu petunjuk dari Kementerian Perumahan Rakyat,”urainya.
Rencana ini telah ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pemkot, Perusda dan PT Ark International Indonesia, di ruang walikota Palu, Minggu, 16 Agustus 2015. (mdi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top