Pemkot Canangkan KKB Vatu Waruga, 1 Keluarga Kampung Rp100 Juta – Palu Ekspres
Palu

Pemkot Canangkan KKB Vatu Waruga, 1 Keluarga Kampung Rp100 Juta

KAMPUNG KB - Sekkot Palu, Asri bersama Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Abdullah Kemma dan Ketua PKK, Irmayati Hidayat dalam pencanangan Kampung KB Batu Waruga Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan Kota Palu, Rabu 9 Mei 2018. FOTO HAMDI ANWAR/PE

PALU EKSPRES, PALU – Tahun ini Pemkot Palu kembali mulai mencanangkan pembentukan kampung keluarga berencana (KKB). Ini untuk mendukung target nasional,yakni pencanangan KKB menyeluruh ke tingkat kelurahan dan desa.

Pencanangan perdana tahun 2018 dilaksankan untuk Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan. Disini terbentuk 1 KKB dengan nama KKB Vatu Waruga. Lokasinya berada di Jalan Kasuari Palu. Sebuah lokasi pemukiman yang memang masih dalam tataran kumuh.

Sebelumnya tahun 2017, Pemkot melalui dinas pemberdayaan perempuan dan KB telah mencanangkan sedikitnya 8 KKB pada setiap kecamatan. Sementara tahun ini targetnya akan dicanangkan lagi pada 8 kelurahan untuk 8 kecamatan.

Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri, dalam pencanangan KKB Vatu Waruga, Rabu 9 Mei 2018 menyebutkan, KKB merupakan sebuah program integrasi dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Khususnya masyarakat pinggiran.

Integrasi program didalamnya tidak semata berbicara seputar upaya KB. Akan tetapi mendorong peningkatan drajad pendidikan, kesehatan serta infrastruktur dan pemenuhan kebutuhan dasar lainnya.

“Karenanya saya meminta semua OPD, camat dan lurah proaktif.Camat dan lurah minimal aktif mendata warganya yang belum memiliki KTP. Karena KTP ini sangat penting untuk melaksanakan program program sosial nasional,”kata Sekkot.

Namun ia berharap, melalui KKB program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) dapat berjalan optimal. Program itu merupakan usaha untuk melakukan pengendalian penduduk.

“Dan saya berharap ini tidak sekedar seremoni saja. Harus ada aksi lapangan yang nyata terhadap program kependudukan,”demikian Sekkot.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Abdullah Kemma menjelaskan, untuk mendukung program KKB, pihak BKKBN akan mengalokasikan anggaran operasional sebesar Rp100juta per 1 KKB.

Namun terhadap KKB yang baru dicanangkan tahun ini, kata dia, anggaran itu baru akan diusulkan tahun 2019 mendatang.

“Sama seperti pencanangan kampung KB tahun 2017, itu anggarannya baru kita usulkan tahu. 2018,”katanya.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!