Pemkot Canangkan Empat SMP Binaan – Palu Ekspres
Palu

Pemkot Canangkan Empat SMP Binaan

PALU EKSPRES, PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palu akan mencanangkan empat sekolah menengah pertama (SMP) sebagai sekolah pembinaan lanjut.

Empat SMP ini dipersiapkan menampung lulusan sekolah dasar dengan nilai dan prestasi terbaik.
Walikota Palu Hidayat menyebut, pihaknya menginginkan ada pembinaan lebih lanjut ditingkat SMP untuk mengembangkan bakat yang dimiliki siswa terbaik lulusan SD tersebut.

Misalnya, ada seorang siswa SD yang memiliki kemampun membaca Alquran dengan baik. Siswa itu menurutnya mempunyai bakat untuk menjadi Qori dan Qoriah. Kemampuan demikian perlu mendapat pembinaan lebih jauh.

“Kita tampung siswa itu di empat SMP yang akan ditetapkan kemudian. Agar kemampuannya bisa dipertajam lebih baik lagi,”kata Hidayat.

Harapannya dengan pola itu, bakat siswa bisa terus diasah. Sehingga ke depan dalam setiap penyelenggaran tilawatil Quran, Kota Palu sudah memiliki Qori dan Qoriah unggul.

“Supaya tidak ada lagi itu peserta-peserta sewaan dari daerah lain untuk mewakili Palu,”harapnya.
Pembinaan ditingkat SMP nanti lanjutnya, tidak hanya terpaku pada siswa-siswi muslim saja, melainkan seluruh agama. Tidak pula terfokus hanya pada kemampuan tentang agama.

Tergantung pihak sekolah yang menyesuaikan kemampuan siswa-siswi disesuaikan dengan agama masing-masing serta kemampuan pada satu jurusan pelajaran.

Upaya menetapkan empat SMP penampung lulusan terbaik sebutnya merupakan program lanjutan dari program Palu Kana Mapande yang saat ini sedang berjalan di tingkat sekolah dasar.

Dalam program itu, Disdik menambah 2 jam bagi siswa untuk pelajaran agama. Program itu juga bertujuan mewujudkan visi Kota Palu sebagai kota beradat dan berbudaya dilandasi iman dan taqwa.

“Karena kami menginginkan nilai-nilai agama dan budaya mulai ditanamkan kembali pada generasi kita,”demikian Hidayat.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top