PBI Ajang Pengenalan Budaya Lokal Palu – Palu Ekspres
Palu

PBI Ajang Pengenalan Budaya Lokal Palu

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi

PALU EKSPRES, PALU – Gelaran Pekan Budaya Indonesia (PBI) yang rencananya akan digelar di Kota Palu, pada 22-27 September 2017 mendatang, diharapkan dapat menjadi ajang pengenalan budaya lokal Provinsi Sulteng khususnya Kota Palu, kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Dengan adanya Pekan Budaya ini, mudah-mudahan Kota Palu bisa lebih dikenal lagi se-Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, Senin (4/9).

Asnyar juga menyebutkan, persiapan kegiatan yang nantinya menjadi rangkaian Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2017 tersebut, telah mencapai 90 persen. Berdasarkan informasi yang didapatinya, Presiden RI Joko Widodo akan hadir menutup langsung kegiatan tersebut.

Dalam PBI tahun 2017 di Kota Palu, dijadwalkan akan hadir berbagai tamu yang merupakan perwakilan dari keraton, kerajaan dan kesultanan se-Indonesia. Selain itu, akan hadir pula perwakilan-perwakilan ormas keagamaan, para pemangku adat serta komunitas adat se-Indonesia.

“Nanti kita akan tampilkan seluruh budaya kita, berupa seni tradisonal dan kontemporer di hadapan seluruh tamu kita,” imbuh Asyar.

Selain PBI 2017, juga akan digelar Dialog Nasional yang mengambil bahasan terkait revitalisasi nilai-nilai budaya bangsa dalam rangka keutuhan NKRI. Pihak-pihak yang terlibat menjadi pembicara pada dialog ini, di antaranya Kemendikbud, Lemhanas dan Kemendagri.

Diharapkan kata Ansyar lagi, dengan adanya dialog tersebut, kebijakan yang ada di Kota Palu saat ini, yakni penguatan peran lembaga kearifan lokal, serta pemberian kewenangan tokoh informal dalam membangun nilai-nilai kekeluargaan, toleransi dan gotong royong di Kota Palu, dapat menular atau bisa menjadi kebijakan nasional ke depannya.

“Nanti kita akan berikan rekomendasi hasil dari dialog tersebut kepada Presiden, untuk dijadikan kebijakan nasional,” ujar Ansyar.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!