Paslon ANNAS Menang di PTTUN, KPU Pertimbangkan Kasasi ke MA – Palu Ekspres
Daerah

Paslon ANNAS Menang di PTTUN, KPU Pertimbangkan Kasasi ke MA

PALU EKSPRES, PARIGI – Pasca putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN), Makassar yang memenangkan Pasangan Anwar Saing – Asrudin (ANNAS) dalam gugatan sengketa Pemilihan bupati (Pilbup), Parigi Moutong Selasa (10/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Parigi Moutong berencana melakukan Kasasi banding ke Mahkama Agung (MA).

Langkah tersebut kata ketua KPU Parimo, Amelia Idris diambil karena Paslon ANNAS diNilai sangat tidak memenuhi syarat dukungan perseorangan pasca proses yang telah dilakukan.

Berdasarkan koordinasi dengan KPU RI dan KPU Provinsi Sulteng katanya, besar kemungkinan pihaknya akan melakukan kasasi. Sebab ketentuan syarat dukungan calon perseorangan tersebut adalah 25.580 dukungan.

Sementara dalam proses verifikasi faktual terakhir pasangan tersebut hanya mampu memenuhi 19 ribu lebih dukungan.

Hal ini kata Amelia, sangat penting untuk disampaikan. Karena prinsipnya ini, bukan soal menang atau kalah tetapi ini adalah proses yang dilakukan baik pihaknya sebagai penyelenggara maupun sebagai peserta Pemilihan. Kemudian jalur-jalurnya kata Amelia ada pada Panwas maupun di PTTUN dan Mahkama Agung.

“Kami masih akan mempertimbangkan dalam lima hari kedepan apakah akan mengambil sikap kasasi atau tidak,” kata Amelia kepada sejumlah media saat konferensi pers di aula kantor KPU Parimo, Rabu (11/4).

Menurutnya, pihaknya akan menindaklanjuti putusan PTTUN yang mengabulkan dan memenangkan gugatan Paslon ANNAS. Putusan itu kata dia, sifatya mengikat dan wajib untuk dilaksanakan.

Tetapi, putusan tersebut tidak serta-merta langsung menetapkan pasangan itu sebagai peserta di Pilkada Parimo nantinya.

“Ya untuk penyelesaian sengketa di mahkama Agung itu diatur dalam undang-undang 10 Pasal 154 itu paling lama penyelesaiannya adalah 20 hari sejak permohonannya diserahkan. Jadi, permohonan ini nantinya akan diserahkan ke PTTUN Makassar, dan KPU berhak memutuskan apakah akan mengambil langkah untuk kasasi di MA, atau menetapkan Paslon ANNAS sebagai kandidat peserta Pilkada Parimo,” Pungkasnya.

(asw/Palu Ekspres) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!