Paripurna Istimewa Tak Mengenal Sistem Quorum, Iqbal Bakal Datang – Palu Ekspres
Palu

Paripurna Istimewa Tak Mengenal Sistem Quorum, Iqbal Bakal Datang

PALU EKSPRES, PALU – Hari ini Kamis 19 Oktober 2017 pelantikan Ketua DPRD Palu dipastikan berjalan lancar. Paripurna kali ini adalah paripurna istimewa yang harus tetap dilaksanakan meskipun anggota yang hadir tidak memenuhi kuorum.

Berapapun anggota yang hadir, paripurna pelantikan harus tetap dilaksanakan. Berbeda sebelumnya sewaktu paripurna pemberhentian ketua Iqbal Andi Magga yang sempat dua kali tertunda karena quorum anggota. Sekretaris DPRD Palu, Rosida Thalib menjelaskan, paripurna pelantikan adalah paripurna istimewa yang tidak mengenal istilah quorum.
Berapapun anggota yang hadir, paripurna itu tetap dilaksanakan. “Tetap harus dilaksanakan,”kata Sekwan, Rabu 18 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, paripurna pemberhentian Iqbal yang sempat tertunda sebelumnya adalah paripurna pengambilan keputusan. Paripurna DPRD ini menurutnya memang harus memenuhi kuorum anggota yang disyaratkan. “Kami sudah menyampaikan undangan kepada semua anggota. Mudah-mudahan semuanya bisa hadir,”katanya.

SK Gubernur tentang pemberhentian Iqbal Andi Magga jelas Sekwan, sudah diterima sekretariat sejak Jumat 13 Oktober pekan lalu. SK itu memuat sekaligus pengangkatan Ishak Cae sebagai Ketua Pengganti Antar Waktu (PAW). “SKnya satu paket, pemberhentian sekaligus pengangkatan,”ujarnya.

Sekwan kemudian menjelaskan, setelah pelantikan, seluruh fasilitas jabatan ketua otomatis langsung berpindah kepada ketua baru. Iqbal selanjutnya menjadi anggota biasa menggantikan posisi ishak Cae sebagai Anggota Komisi C DPRD Palu. Pelantikan ketua PAW, Ishak Cae menurutnya akan dilakukan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Palu dalam hal ini pelaksana tugas (Plt) ketua.

“Aturannya berjenjang, ketua DPRD tingkat kabupaten kota dilantik ketua pengadilan negeri. Sedangkan ketua DPRD provinsi oleh ketua pengadilan tinggi,”pungkasnya.

Ishak Cae kepada Palu Ekspres, berharap seluruh anggota DPRD Palu bisa hadir dalam paripurna itu. Namun jika tidak, menurutnya itu juga tidak menjadi masalah. Sebab sesuai ketentuan yang ada, dalam paripurna istimewa pelantikan ini, anggota tidak diperkenankan menginterupsi. Hanya datang menghadiri dan mengikuti semua prosesnya hingga selesai.
“Kalau yang hadir cuma satu, ya satu itu saja. Pelantikan harus tetap dilaksanakan,”pungkasnya.

Mantan Ketua DPRD Palu, Iqbal Andi Magga dikonfirmasi selanjutnya, berharap pelantikan ketua berjalan lancar. Iqbal mengaku sudah berkoordinasi Sekwan terkait kelancaran paripurna tersebut.

“Saya sudah koordinasi dengan Sekwan agar prosesi pelantikan jangan sampai ada yang tidak sempurna terutama para anggota agar semuanya bisa menghadiri acara paripurna istimewa itu,”tulis Iqbal via whatsapp. Iqbal pun berharap dirinya bisa menghadiri paripurna tersebut jika tidak ada halangan.

“Insya Allah kalau cepat tiba di Palu, saya akan hadiri sebagai kewajiban politik,”tulisnya lagi.
Namun Iqbal tidak mau mengomentari soal pernyataan Ketua DPD Golkar Palu, Erman Lakuana yang menyebut akan segera memecatnya dari keanggotaan DPR Palu.

“Saya belum baca pernyataan itu,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!