Parimo Juga Bermasalah Dana Bos, Ini Penjelasan Kadisdikbud – Palu Ekspres
Daerah

Parimo Juga Bermasalah Dana Bos, Ini Penjelasan Kadisdikbud

PALU EKSPRES, PARIGI – Pihak Sekolah Dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), hingga pertengahan bulan Oktober 2017 ini belum menerima dana bantuan operasional sekolah (Bos) untuk triwulan tiga.

Keterlambatan pencairan tersebut dikhawatirkan akan mengganggu proses belajar dan mengajar di sekolah penerima bantuan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parimo, melalui Kepala Bidang SD yang juga sebagai Manager BOS Kabupaten Parigi Moutong, Abdul Sahid N. Badja yang ditemui media ini di ruang kerjanya , Selasa (24/10), membenarkan terkait keterlambatan pencairan dana BOS tersebut.

Menurutnya, berdasarkan hasil koordinasi Disdikbud Parimo kepada pihak Provinsi Sulawesi Tengah, keterlambatan tersebut terjadi karena adanya kesalahan data yang digunakan. Sehingga menyebabkan dana yang ditransfer itu berkurang, karena dana yang dibutuhkan untuk Sulteng itu sendiri senilai Rp 116 Miliar tetapi yang terkirim hanya 50 Miliar. Artinya, ada kekurangan sekira Rp 70 Miliar.

“Jadi karena ada terkirim Rp50 Miliar dan tidak bisa memback-up semua maka pihak Provinsi mengambil kebijakan hanya membayarkan, SMA,SMK,dan SLB, sehingga jumlah yang terpakai senilai Rp 46 Miliar, karena dalam aturan, begitu dana diterima dalam jangka tujuh hari tidak boleh dana itu mengendap di kas daerah,” jelasnya.

Lanjut dia, dana BOS yang belum tersalurkan hingga saat ini di Parimo untuk SD dan SMP, karena masih kekurangan dana yang ditransfer dari Kementerian Keuangan akibat kesalahan data tersebut.

“Jadi itu yang mereka tunggu hingga saat ini setelah perbaikan data kemarin, nah kalau sudah diperbaiki jelas dana itu akan mereka transfer dan disalurkan melalui kas daerah, dan seluruh daerah mengalami hal ini, karena kesalahan terjadi di pusat,” katanya.

Ia berharap, kepada pihak sekolah agar tidak resah dan khawatir dengan keterlambatan pencairan dana BOS tersebut.

Pihaknya berjanji, jika dana triwulan tiga telah masuk ke rekening akan langsung disalurkan. Kemungkinan penyalurannya kata dia, sekaligus dua triwulan yakni, triwulan tiga dan triwulan empat.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!