Panwaslu Touna Buka Pendaftaran Calon Panwascam – Palu Ekspres
Daerah

Panwaslu Touna Buka Pendaftaran Calon Panwascam

Ketua Panwaslu Kabupaten Touna, Drs. Abas dan Anggota Komisioner Panwaslu Touna, Leming, S.Ag. FOTO YAHYA LAHAMU/PE

PALU EKSPRES, AMPANA – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Tojo Una-una (Touna) resmi membuka mendaftaran untuk menjadi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Pendaftaran akan dilakukan pada 20 sampai 26 Oktober 2017.

Ketua Panwaslu Kabupaten Touna, Drs. Abas, menyampaikan pendaftaran ini terbuka untuk umum. Masyarakat yang berminat dipersilakan memasukkan berkas pendaftaran.

“Nanti akan diperiksa keabsahan dan legalitasnya pada 20 hingga 27 Oktober. Sedangkan jika ada berkas yang kurang akan diberikan waktu perbaikan pada 27 sampai 29 Oktober,” kata Abas, Jumat (20/10).

Abas menambahkan, pendaftar yang lolos administrasi dan diumumkan pada 31 Oktober akan melanjutkan tes tulis pada 4 November.

Setelah itu pihaknya juga membuka masukan dan tanggapan masyarakat terhadap calon pengawas yang lolos seleksi administrasi terkait integritas dan netralitas serta rekam jejak di masyarakat untuk bahan pertimbangan,” jelasnya.

Hal ini sangat penting mengingat calon Panwas harus mempunyai prinsip sebagai penyelenggara pemilu yang jujur, adil, dan bebas dari kepentingan pihak manapun. Lanjut Abas, akan dipilih 36 anggota Panwascam untuk 12 kecamatan di Kabupaten Touna yang siap mengawasi tahapan pemilu serentak 2019.

Sementara itu Anggota Panwaslu Kabupaten Touna divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Leming, S. Ag menyatakan bahwa pendaftaran panwascam ini tidak dipungut biaya. Mereka yang ingin mendaftar dipersilakan mengambil formulir di kecamatan masing-masing atau langsung datang ke kantor Panwaslu Sleman setiap jam kerja.

“Untuk pendaftar dipersyaratkan minimal berusia 25 tahun, lulusan SMA atau yang sederajat, berdomisili di kecamatan setempat, dan memenuhi persyaratan berkas yang harus dilengkapi,” tutupnya.

(mg3/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!