Pansus LKPj Akan Koordinasi Kemenkeu RI – Palu Ekspres
Palu

Pansus LKPj Akan Koordinasi Kemenkeu RI

Rusman Ramli. FOTO HAMDI ANWAR/PE

PALU EKSPRES, PALU – Plot anggaran dana alokasi khusus (DAK) dan anggaran dana alokasi umum (DAU) menjadi salahsatu perhatian panitia khusus (Pansus) DPRD Palu tentang laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPj) APBD Kota Palu tahun 2017.

Ini menyusul trend DAK/DAU yang jumlah alokasinya cendrung menurun sejak tahun 2016 ke 2017 dalam APBD Palu. Sekaitan itu, dalam waktu dekat, Pansus LKPj merencanakan konsultasi langsung kapada pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Mencari informasi, kendala serta strategi agar peluang peningkatan DAK/DAU bisa kembali meningkat.

Wakil Ketua Pansus LKPj DPRD Palu, Rusman Ramli menjelaskan, informasi itu penting untuk ditindaklanjuti bersama Pemkot Palu. “Kita ingin melihat perolehan dan sebagainya. Lalu kita lihat kendala apa sebenarnya untuk meningkatkan perolehan DAK DAU ini. Apa masih ditingkatkan,”jelas Rusman, Senin (9/4).

Menurut dia, jika melihat forsi APBN yang cukup besar, maka sesungguhnya Pemkot Palu bisa mencari peluang untuk itu. Karena menurutnya daerah lain terlihat bisa melakukan itu.
“Apa sebenarnya yang membatasi? karena sebenarnya jika melihat postur APBN yang besar, maka ada ruang disitu yang bisa kita dorong,”jelasnya. Pihaknya juga ingin mengonsultasikan apakah Pemkot Palu masih bisa mendapat kucuran dana dari pusat investasi pemerintah (PIP) sebagaimana yang pernah dilakukan untuk pengembangan rumah sakit anuta pura Palu.

“Kita harus mengurai apa masalah dan bagaimana stareginya. Agar di tahun mendatang jumlah gelontoran DAK/DAU bisa meningkat lagi,”ujarnya.

Selain konsultasi, Pansus juga akan mengecek langsung sejumlah implementasi anggaran strategis Pemkot Palu pada bidang pendidikan dan kesehatan. Contohnya untuk program Palu Kana Melanda dan Puskesmas Nomoni di salahsatu sekolah dan puskesmas.

“Kami harus elaborasi sebagaimana angka angka yang disebut dalam LKPj 2017,”sebutnya. Untuk Palu Kana Mapande, pihaknya ingin memastikan realisasi perekrutan tenaga guru kontrak yang menelan anggaran cukup besar. Serta memastikan realisasi pengadaan alat dan bahan termasuk realisasi anggaran bea siswa bagi guru berprestasi ke jenjang strata 2.
Terkait puskesmas nomoni, Pansus lanjutnya akan meninjau pelayanan ke puskesmas Talise dalam kaitan pelayanan terhadap pasien hingga malam hari “Apakah itu direspon masyarakat termasuk sejauh mana proses pelayanan dokter dan tenaga kesehatan,”urainya.

Hasil konsultasi dan peninjauan Pansus menurutnya kemudian akan disusun dalam sebuah rekomendasi Pansus untuk ditindaklanjuti. “Kamis pekan ini kita akan menggelar rapat ditingkat Pansus membahas tentang hasil konsultasi dan peninjauan lapangan,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!