Panglima TNI Tinjau Pangkalan Militer di Watusampu – Palu Ekspres
Daerah

Panglima TNI Tinjau Pangkalan Militer di Watusampu

PALU EKSPRES, PALU – Hari ini Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan melakukan kunjungan kerja di Palu.  Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dihubungi mengatakan kunjungan Panglima TNI tersebut sangat penting dan strategis mengingat Sulawesi Tengah salah satu daerah yang telah ditempatkan pembangunan pangkalan militer TNI Angkatan Laut di Kota Palu.

“Panglima TNI akan mengunjungi pangkalan militer TNI-AL di Kelurahan Watusampu, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu,” katanya.

Usai kunjungan itu, kata Longki, Panglima bersama rombongan kemudian berangkat ke Kabupaten Poso untuk melaksanakan buka puasa bersama dengan prajurit TNI dan Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Tinombala.

Sementara itu, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Zainal Abidin M.Ag akan bertindak sebagai penceramah pada safari Ramadhan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Kabupaten Poso, Kamis 8 Juni.

Prof Zainal Abidin di Palu, Rabu mengatakan akan menyampaikan ceramah tentang penguatan nilai kebangsaan dan pentingnya toleransi antarsesama manusia dan pemeluk agama dalam safari ramadhan di Gedung Olahraga Pusalembah, Kabupaten Poso.

“Iya, saya di minta oleh TNI melalui perwakilannya di Kota Palu untuk menyampaikan ceramah pada Safari Ramadhan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Ceramah saya sederhana saja yaitu tentang kebangsaan dan toleransi,” katanya.

Prof Zainal yang juga Ketua MUI Kota Palu itu mengaku siap mengikuti safari ramadhan Panglima TNI di Kabupaten Poso yang akan bertemu anggota Satgas Operasi Tinombala, jajaran TNI dan masyarakat setempat.

Menurut dia, masyarakat perlu diberikan penguatan pemahaman tentang kebangsaan, persatuan dan kesatuan tanpa melihat latar belakang apapun.

Akhir-akhir ini, kata Zainal, ancaman terhadap kebangsaan dan persatuan makin deras dan kuat yang digencarkan oleh orang-orang tertentu.

Bahkan, katanya, muncul gerakkan yang ingin mengganti Pancasila sebagai ideologi Negara dengan cara menyebarkan fahamnya lewat kecanggihan teknologi informasi dewasa ini.

“Masyarakat Poso juga perlu diberikan pemahaman dan penguatan kebangsaan dan toleransi agar tetap satu, tetap bergandengan tangan dalam bingkai NKRI,” sebutnya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dijadwalkan tiba di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu pada Kamis pukul 11.00 Wita dengan pwsawat khusus dari Ternate, Maluku Utara.

Sebelum ke Poso, Panglima yang didampingi sejumlah pejabat teras Mabes TNI dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito akan melihat dari dekat pembangunan dermaga kapal selam TNI AL di Kelurahan Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu.

(kia/antara)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top