Pangdam XIII Merdeka Rencana Bentuk Kodim di Parimo – Palu Ekspres
Daerah

Pangdam XIII Merdeka Rencana Bentuk Kodim di Parimo

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Ganip Warsito bersama, Danrem 132 Tadulako, Kapolres Poso turut serta dalam tarian Dero pada penutupan Opster TNI di Kabupaten Poso, Jumat 11 Agustus 2017. foto PENREM

PALU EKSPRES, PARIGI – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/ Merdeka, Mayor Jenderal (Mayjen) Ganip Warsito, berencana untuk membentuk Komando Distrik Militer (Kodim) di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Setelah terbentuknya Kodam XIII/ Merdeka, dinilai perlu adanya penambahan kekuatan personil teritorial karena Kabupaten Parimo merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam rencana untuk pembentukan Kodim. Hal itu disampaikan Ganip Warsito saat ditemui sejumlah wartawan, usai melakukan pertemuan tertutup dengan Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala di Kantor Koramil Parigi, Kamis 10 Agustus 2017.

‘’Soal kapan waktunya, mungkin tahun ini atau tahun depan kami belum dapat menentukan,’’ ujarnya.

Meskipun telah memastikan akan adanya Kodim baru di Kabupaten Parimo, Ia masih enggan untuk memastikan soal waktu pembentukanya.

Dalam kunjungan kerjanya di Sulawesi Tengah, Mayjen Ganip Warsito menyempatkan diri untuk singgah di Parimo guna melakukan inspeksi atas pelaksanaan Opersai Tinombala selama ini. Kemudan Ia melanjutkan perjalananya ke Kabupaten Poso untuk menutup kegiatan Operasi teritorial (Opster) Sintivu Maroso.

Sementara itu, Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu yang hadir pada kunjungan tersebut saat ditemui wartawan menjelaskan soal kesiapan Pemerintah Daerah (Pemda) terkait pembentukan Kodim baru di wilayahnya, saat ini kata dia, Pemda Parimo sudah menyediakan lahan di kawasan jalan jalur dua tepatnya di Desa Bambalemo Kecamtan Parigi, untuk lokasi pembangunan Kantor Kodim.

‘’Kami sudah siap soal pembentukan Kodim baru, nanti dilihat lagi kebutuhan TNI. Olehnya kami siapkan lahan pengganti,’’tandasnya.

Diketahui meskipun TNI telah membentuk dua Kodam di Pulau Sulawesi yakni, Kodam VII Wirabuana meliputi wilayah teritorial Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tebggara. Kemudian Kodam XIII/ Merdeka meliputi wilayah teritorial Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Kemudian saat ini Kabupaten Parimo bersama Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi masih berada di wilayah teritorial Kodim 1306 Donggala.

(mg4/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!